STUDY KOMPARASI HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ANTARA METODE KONVENSIONAL DENGAN METODE DISKUSI KELAS TEKNIK BUZZ GROUPS PADA SISWA KELAS VIII SMP N 2 KALASAN

Selly, Winda Nova Restya (2013) STUDY KOMPARASI HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ANTARA METODE KONVENSIONAL DENGAN METODE DISKUSI KELAS TEKNIK BUZZ GROUPS PADA SISWA KELAS VIII SMP N 2 KALASAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
1.HALAMAN DEPAN 08.01.006 Win s2.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.ABSTRAK 08.01.006 Win s.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.BAB I 08.01.006 Win s.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.BAB II 08.01.006 Win s.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.BAB III 08.01.006 Win s.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.BAB IV 08.01.006 Win s.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.BAB V 08.01.006 Win s.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.LAMPIRAN 08.01.006 Win s.pdf

Download (829kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) antara metode pembelajaran konvensional dengan metode diskusi kelas teknik Buzz groups pada siswa kelas VIII SMP N 2 Kalasan. Desain penelitian ini adalah Two Group, Pretest Posttest Design, dengan menggunakan analisis data kuantitatif. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, instrumen pengumpulan data menggunakan test, yaitu pretest (tes awal) dan postest (tes akhir). Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VIII SMP N 2 Kalasan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling (sampel acak). Dari teknik random sampling tersebut menghasilkan kelas VIII B sebagai kelas yang diajar dengan teknik buzz groups, dan kelas VIII F diajar menggunakan metode konvensional masing-masing berjumlah 36 orang. Analisis data yang digunakan menggunakan uji-t atau t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar PKn antara siswa yang diajarkan melalui metode konvensional dengan metode diskusi kelas teknik buzz group pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kalasan. Hal ini dibuktikan dari nilai thitung lebih besar daripada ttabel (thitung: 6,309> ttabel: 2,000), dan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai taraf signifikansi 5% (0,0006,1528). Kata kunci: Pendidikan Kewarganegaraan, teknik buzz groups, dan metode pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 05 May 2015 02:54
Last Modified: 29 Jan 2019 22:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18127

Actions (login required)

View Item View Item