Selly, Winda Nova Restya (2013) STUDY KOMPARASI HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ANTARA METODE KONVENSIONAL DENGAN METODE DISKUSI KELAS TEKNIK BUZZ GROUPS PADA SISWA KELAS VIII SMP N 2 KALASAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.
|
Text
1.HALAMAN DEPAN 08.01.006 Win s2.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text
2.ABSTRAK 08.01.006 Win s.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
3.BAB I 08.01.006 Win s.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text
4.BAB II 08.01.006 Win s.pdf Download (332kB) | Preview |
|
|
Text
5.BAB III 08.01.006 Win s.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
6.BAB IV 08.01.006 Win s.pdf Download (358kB) | Preview |
|
|
Text
7.BAB V 08.01.006 Win s.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text
8.LAMPIRAN 08.01.006 Win s.pdf Download (829kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) antara metode pembelajaran konvensional dengan metode diskusi kelas teknik Buzz groups pada siswa kelas VIII SMP N 2 Kalasan. Desain penelitian ini adalah Two Group, Pretest Posttest Design, dengan menggunakan analisis data kuantitatif. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, instrumen pengumpulan data menggunakan test, yaitu pretest (tes awal) dan postest (tes akhir). Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VIII SMP N 2 Kalasan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling (sampel acak). Dari teknik random sampling tersebut menghasilkan kelas VIII B sebagai kelas yang diajar dengan teknik buzz groups, dan kelas VIII F diajar menggunakan metode konvensional masing-masing berjumlah 36 orang. Analisis data yang digunakan menggunakan uji-t atau t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar PKn antara siswa yang diajarkan melalui metode konvensional dengan metode diskusi kelas teknik buzz group pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kalasan. Hal ini dibuktikan dari nilai thitung lebih besar daripada ttabel (thitung: 6,309> ttabel: 2,000), dan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai taraf signifikansi 5% (0,0006,1528). Kata kunci: Pendidikan Kewarganegaraan, teknik buzz groups, dan metode pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Umum > Penelitian Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum |
Depositing User: | Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS |
Date Deposited: | 05 May 2015 02:54 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 22:02 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18127 |
Actions (login required)
View Item |