PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS AKSARA JAWA SD N NGETAL KELAS V DENGAN MENGGUNAKAN METODE TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENS (TGT)

Agniyawati, Agniyawati (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS AKSARA JAWA SD N NGETAL KELAS V DENGAN MENGGUNAKAN METODE TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENS (TGT). S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Agniyawati 07205244141.pdf

Download (32MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan keterampilan menulis aksara Jawa SD N Ngetal kelas V dengan menggunakan metode Tipe Teams Games Tournaments (TGT). Metode TGT ini adalah salah satu tipe metode penelitian kooperatif yang mudah diterapkan, melibatkan aktivitas seluruh siswa dan terdapat unsur permainan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis aksara Jawa siswa. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD N Ngetal Tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 25 siswa terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua (2) siklus, karena dengan 2 siklus sudah kelihatan nyata hasil dan sudah sesuai yang diharapkan, jadi tidak perlu siklus III. Setiap siklus terdiri atas empat kemampuan kegiatan, yaitu perencanaa, pelaksanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh melalui pengamatan, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah metode pembelajaran metode Tipe Teams Games Tournaments (TGT) dapat meningkakan kemampuan menulis aksara Jawa pada kelas V SD N Ngetal. Hasil tersebut dapat didukung oleh keterampilan menulis siswa pada siklus I sebesar 60% dan pada siklus II meningkat menjadi 80%. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata siswa kelas V yang berjumlah 25 siswa sebesar 20%

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan menulis, aksara Jawa, metode TGT
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jawa > Pendidikan Jawa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Daerah
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jawa FBS
Date Deposited: 05 May 2015 02:52
Last Modified: 02 Oct 2020 07:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18126

Actions (login required)

View Item View Item