Pengembangan Media Pembelajaran IPS dengan Tema Pemanfaatan dan Pelestarian Sungai untuk Siswa Kelas VII SMP

Suarno, Dendi tri (2015) Pengembangan Media Pembelajaran IPS dengan Tema Pemanfaatan dan Pelestarian Sungai untuk Siswa Kelas VII SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dendi-tri-suarno-13705251006.swf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media yang layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran IPS dengan tema pemanfaatan dan pelestarian sungai untuk siswa kelas VII SMP. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan. Subjek uji coba pada penelitian ini berjumlah 135 responden yang terdiri atas 3 orang guru IPS SMP dan 132 orang siswa SMP yang terdiri atas 18 siswa pada uji coba lapangan tahap awal, 30 siswa pada uji coba lapangan utama, dan 84 siswa pada uji coba lapangan operasional. Pengumpulan data kelayakan media dilakukan menggunakan angket untuk aspek pembelajaran, aspek materi, dan aspek media. Pengumpulan data efektivitas media dilakukan dengan tes hasil belajar, angket penilaian sikap, dan penilaian keterampilan. Data dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Validator penelitian ini adalah satu orang ahli materi dan satu orang ahli media. Hasil penelitian ini adalah berupa multimedia pembelajaran dalam bentuk CD program, yang telah dinilai dengan skala lima (5), hasil penilaian menunjukkan bahwa: a) aspek pembelajaran dengan skor 4,64 “sangat layak”; b) aspek materi dengan skor 4,83 “sangat layak”; c) penilaian ahli media pada aspek media dengan skor 3,92 “layak”. Hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa: a) uji coba lapangan awal dengan skor 4,04 “layak”; b) uji coba lapangan utama dengan skor 4,14 “sangat layak”; c) uji coba lapangan operasional dengan skor 4,19 “sangat layak”. Hasil tes uji coba efektivitas lapangan menunjukkan skor ketuntasan belajar siswa sebesar 76,4 (melampaui KKM yaitu 75,0), aspek sikap sebesar 84,36 “sangat baik” dan skor aspek keterampilan sebesar 71,88 “baik”. Dengan demikian, multimedia interaktif yang dikembangkan sangat layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media Pembelajaran IPS
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 06 May 2015 00:19
Last Modified: 24 Mar 2016 03:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18125

Actions (login required)

View Item View Item