Husnul, Nisak ruwah ibnatur (2015) Manejemen Kelas dalam Pembelajaran Matematika di SMA Negeri 5, 8 dan 9 Yogyakarta. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-nisak-ruwah-ibnatur-husnul-13703251020.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ruang lingkup manajemen kelas yang terdiri dari kegiatan akademik berupa perencanaan, pengorganisasian, penggerakan/kepemimpinan dan pengevaluasian dari pembelajaran matematika yang dilakukan oleh guru matematika di SMA Negeri 5, 8 dan 9 Kota Yogyakarta. Dengan menggunakan penelitian kualitatif jenis studi kasus ini dilakukan di SMA Negeri 5, 8 dan 9 Yogyakarta dengan subjek data adalah kepala sekolah, guru kurikulum, guru matematika dan siswa. Untuk sumber data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan teknik pengumpulan datanya dengan pedoman observasi dan pedoman wawancara yang dilakukan dengan proses triangulasi dan teknik analisisnya menggunakan analisis induktif dari Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen kelas yang efektif dalam pembelajaran matematika yaitu (1) perencanaannya dengan penyusunan seperangkat pembelajaran mendatangkan ahli pada MGMP, memberikan waktu 10 menit untuk sarapan, memberikan kalimat motivasi dan gambaran kehidupan sehari-hari sebelum menyampaikan materi. Guru peduli dengan lingkungan siswa di kelas, guru melakukan permainan untuk menumbuhkan semangat siswa dan melakukan pengujian pretest. (2) Pengorganisasianya dengan pendekatan cooperative learning, pendekatan scientific, menekankan siswa yang pasif dan ketika siswa jenuh, guru mengajak bernyanyi. Guru menggunakan powerpoint dengan tepat animasi, memanfaatkan alat peraga yang mudah dicari dengan melibatkan siswa untuk praktek langsung serta memanfatkan media youtube. Guru terbuka, tidak galak untuk dapat menggali ide-ide siswa serta guru tidak “patah arang”. (3) Kepemimpinannya dengan guru menguasai keadaan peta kelas, menghafal nama siswa, membangunkan untuk sholat tahajud, memancing siswa untuk aktif dengan memberikan soal susah, memberikan reward dan cerita motivasi melalui video serta memberi gambaran soal-soal UN. (4) Evaluasi dengan guru melakukan pendekatan kepada siswa dan memiliki program bimbingan individu untuk siswa yang tidak memperhatikan pada saat pembelajaran dan siswa yang tidak menyukai matematika dari awal. Guru harus kreatif dalam peralihan siswa yang pasif ke aktif dan siswa yang terlambat masuk kelas untuk mempresentasikan alasannya dalam bahasa inggris terhadap wali kelasnya.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | manajemenkelas, pembelajaran matematika |
Subjects: | Pendidikan > Manajemen Pendidikan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 06 May 2015 00:19 |
Last Modified: | 21 Dec 2022 03:43 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18123 |
Actions (login required)
View Item |