KEEFEKTIFAN PENERAPAN CHEMISTRY GOLDEN BELL TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS XI SEMESTER 2 SMA BOPKRI 2 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012

Natalia, Dyanne (2012) KEEFEKTIFAN PENERAPAN CHEMISTRY GOLDEN BELL TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS XI SEMESTER 2 SMA BOPKRI 2 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DYANNE NATALIA.pdf

Download (47MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan pada motivasi dan prestasi belajar kimia peserta didik kelas XI semester 2 SMA BOPKRI 2 Yogyakarta tahun ajaran 2011/2012 yang mengikuti pembelajaran dengan teknik Chemistry Golden Bell (CGB) dan yang mengikuti pembelajaran tidak dengan teknik CGB jika pengetahuan awal kimia dikendalikan secara statistik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian satu faktor, dua sampel, dan satu kovariabel. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI Ilmu Pengetahuan Alam SMA BOPKRI 2 Yogyakarta yang berjumlah 69 peserta didik dan terbagi dalam 3 kelas. Sampel pada penelitian sebanyak 46 peserta didik yang diambil secara purposive sampling dan terbagi dalam dua kelas yaitu kelas eksperimen sebanyak 22 sampel dan kelas kontrol sebanyak 24 sampel. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data pengetahuan awal kimia, motivasi belajar kimia, data prestasi belajar kimia peserta didik, dan data keefektivan pelaksanaan teknik CGB. Data motivasi belajar kimia peserta didik dianalisis menggunakan uji-t, data prestasi belajar kimia peserta didik dianalisis menggunakan analisis kovariansi (anakova), dan keefektifan pelaksanaan teknik CGB dianalisis menggunakan konversi skor menjadi nilai skala 5. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan pada motivasi dan prestasi belajar kimia peserta didik kelas XI semester 2 SMA BOPKRI 2 Yogyakarta tahun ajaran 2011/2012 yang mengikuti pembelajaran dengan teknik CGB dan yang mengikuti pembelajaran tidak dengan teknik CGB. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik CGB tidak efektif untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar kimia peserta didik SMA BOPKRI 2 Yogyakarta kelas XI Ilmu Pengetahuan Awal tahun ajaran 2011/2011. Penerapan teknik CGB dalam pelaksanaan pembelajaran materi Larutan Penyangga dapat dikatakan cukup efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran, melihat dari hasil pengisian lembar observasi dan lembar responden untuk keefektifan pelaksanaan pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 04 May 2015 07:35
Last Modified: 29 Jan 2019 22:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18076

Actions (login required)

View Item View Item