PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS WEBSITE MATERI POKOK PERUBAHAN MATERI SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN MANDIRI UNTUK PESERTA DIDIK SMP/MTs KELAS VII SEMESTER 1

INDRIATNA, GALIH (2012) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS WEBSITE MATERI POKOK PERUBAHAN MATERI SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN MANDIRI UNTUK PESERTA DIDIK SMP/MTs KELAS VII SEMESTER 1. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
Abstrak galih.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran kimia berbasis website tentang materi pokok perubahan materi sebagai sumber pembelajaran mandiri untuk peserta didik SMP/MTs kelas VII semester 1 dan mengetahui kualitas media pembelajaran kimia yang telah dihasilkan berdasarkan penilaian reviewer yaitu tiga orang guru IPA SMP/MTs dan dua orang guru SMA/MA. Model pengembangan yang digunakan adalah model prosedural, yang menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Penelitian pengembangan ini meliputi tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap penilaian. Pengembangan dimulai dengan cara mengumpulkan referensi materi pokok perubahan materi dilanjutkan dengan penyusunan rancangan media pembelajaran kimia berbasis website dalam bentuk CD pembelajaran. Media pembelajaran kimia yang telah dibuat dikonsultasikan kepada dosen pembimbing, ahli media dan peer reviewer. Masukan yang diberikan selanjutnya menjadi revisi media pembelajaran kimia. Media pembelajaran kimia kemudian dinilaikan kepada reviewer yaitu tiga orang guru IPA SMP/MTs dan dua orang guru kimia SMA/MA dengan kriteria penilaian yang telah ditentukan. Penelitian pengembangan ini telah berhasil mengembangkan media pembelajaran kimia berbasis website materi pokok perubahan materi dan telah diketahui kualitasnya. Hasil penelitian rerata skor total media pembelajaran pada materi pokok perubahan materi adalah 91, sehingga media pembelajaran kimia berbasis website materi pokok perubahan materi yang telah dihasilkan termasuk kategori kualitas Baik (B), sehingga media pembelajaran ini dapat dijadikan sebagai sumber pembelajaran mandiri.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 04 May 2015 07:31
Last Modified: 29 Jan 2019 22:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18074

Actions (login required)

View Item View Item