Wijayanti, Theresia Ita (2012) MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW PADA PEMBELAJARAN KIMIA KARBON DI KELAS X.1 SMA SANG TIMUR YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.
|
Text
Skripsi.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan upaya (1) peningkatan aktifitas peserta didik melalui pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. (2) motivasi prestasi belajar kimia. (3) respon peserta didik. Rendahnya hasil evaluasi bidang pelajaran kimia merupakan salah satu indikator masih rendahnya kemampuan yang dicapai oleh peserta didik. Peserta didik merupakan subjek pendidikan, yang secara aktif membentuk prestasi belajar kimia dalam dirinya. Agar mampu memperoleh prestasi kimia yang baik dibutuhkan sikap atau motivasi sebagai bekal ajar untuk belajar dengan baik. Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Dilakukan sebanyak tiga siklus. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X.1 SMA Sang Tmur Yogyakarta. Motivasi belajar diukur dengan instrument angket, sedangkan prestasi belajar kimia dan respon peserta didik diambil dari hasil tes dan angket setiap akhir siklus. Hasil analisa menunjukkan motivasi dan prestasi belajar kelas X.1 SMA Sang Timur Yogyakarta menjadi meningkat, yaitu ditandai dengan peningkatan rerata nilai dari siklus I sampai skilus III. Aktifitas peserta didik juga terjadi peningkatan. Penerapan pembelajaran model Jigsaw memberikan respon yang positif bagi peserta didik. Kata kunci : Jigsaw, Hidrokarbon
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Admin Kimia FMIPA |
Date Deposited: | 04 May 2015 07:28 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 22:00 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18072 |
Actions (login required)
View Item |