EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER 2 SMA NEGERI 1 PENGASIH TAHUN AJARAN 2010/2011

FERRY S, ADITYA (2012) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER 2 SMA NEGERI 1 PENGASIH TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR.docx

Download (14kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) efektivitas penerapan model pembelajaran tutor sebaya terhadap peningkatan aktivitas belajar kimia peserta didik kelas X semester 2 SMA Negeri 1 Pengasih Tahun Ajaran 2010/2011, (2) ada tidaknya perbedaan prestasi belajar kimia antara peserta didik kelas X semester 2 SMA Negeri 1 Pengasih Tahun Ajaran 2010/2011, yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran tutor sebaya dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan model pembelajaran tutor sebaya, jika pengetahuan awal peserta didik dikendalikan secara statistik. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X semester 2 SMA Negeri 1 Pengasih Tahun Ajaran 2010/2011 yang berjumlah 160 peserta didik yang terbagi dalam 5 kelas. Sampel penelitian ini berjumlah 64 peserta didik terbagi dalam dua kelas yaitu kelas yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran tutor sebaya (A2) dan kelas kontrol (A1) yang pembelajarannya tidak menggunakan model pembelajaran tutor sebaya. Pengujian hipotesis menggunakan analisis kovarian (anakova), analisis regresi, dan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa model pembelajaran tutor sebaya efektif meningkatkan aktivitas belajar kimia peserta didik pada kelas eksperimen. Ada perbedaan yang positif dan tidak signifikan antara prestasi belajar kimia antara peserta didik yang pembelajarannya dengan model pembelajaran Tutor Sebaya dengan peserta didik yang pembelajarannya tidak menggunakan model pembelajaran tutor sebaya dengan taraf signifikansi = 0,010 (p < 0,050). Dimana tidak ada korelasi/hubungan yang positif dan signifikan antara pengetahuan awal kimia peserta didik dengan prestasi belajar kimia peserta didik dengan taraf signifikansi = 0,149 (p > 0,050), sedangkan besarnya sumbangan efektif pengetahuan awal kimia peserta didik sebesar 3,30 %.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 04 May 2015 07:25
Last Modified: 29 Jan 2019 22:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18069

Actions (login required)

View Item View Item