PENGEMBANGAN MEDIA CHEMTOON MOVIE MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN SEBAGAI MEDIA BELAJAR MANDIRI PESERTA DIDIK SMA / MA KELAS XII

Purnamasari, Endah (2011) PENGEMBANGAN MEDIA CHEMTOON MOVIE MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN SEBAGAI MEDIA BELAJAR MANDIRI PESERTA DIDIK SMA / MA KELAS XII. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan media chemtoon movie pada materi sifat koligatif larutan sebagai media belajar mandiri peserta didik SMA/ MA dan menentukan kualitas media yang sesuai dengan kriteria kualitas penilaian yang telah di tentukan meliputi aspek kebenaran, keluasan, dan kedalaman konsep ; aspek kebahasaan; aspek keterlaksanaan; aspek tampilan visual; aspek audio; aspek kemudahan penggunaan; dan aspek evaluasi belajar. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode prosedural yang bersifat deskriptif yang menggariskan langkah-langkah yang diikuti untuk menghasilkan suatu produk. Prosedur pengembangan ini meliputi beberapa tahap yaitu tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan penilaian. Produk chemtoon movie ditinjau dan diberi masukan oleh 2 orang dosen pembimbing, 3 orang peer reviewer, dan 2 orang dosen ahli media dan materi yang selanjutnya dilakukan revisi. Produk hasil revisi diuji kualitasnya oleh 5 orang reviewer atau guru kimia SMA/ MA baik negeri maupun swasta berdasarkan kategori kriteria penilaian. Hasil penelitian ini menujukan telah dihasilkan produk chemtoon movie pada materi sifat koligatif larutan sebagai media belajar mandiri peserta didik SMA/ MA. Dan hasil dari penilaian oleh 5 reviewer diperoleh tingkat kualitas chemtoon movie pada kategori baik (B) dengan skor rata-rata 106,6 dan persentase keidealannya sebesar 78,96%, sehingga media ini layak dijadikan sebagai media belajar mandiri peserta didik SMA/MA.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 04 May 2015 07:12
Last Modified: 29 Jan 2019 21:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18063

Actions (login required)

View Item View Item