PENGEMBANGAN PETUNJUK PRAKTIKUM KIMIA BERBASIS PENDEKATAN KOMBINASI CHEMOEDUTAINMENT (CET) DAN PEDAGOGICAL CHEMISTRY KNOWLEDGE (PChK) UNTUK SISWA SMA/MA KELAS XI SEMESTER GENAP

DEWI, IKA NOOR AFTRIANA (2012) PENGEMBANGAN PETUNJUK PRAKTIKUM KIMIA BERBASIS PENDEKATAN KOMBINASI CHEMOEDUTAINMENT (CET) DAN PEDAGOGICAL CHEMISTRY KNOWLEDGE (PChK) UNTUK SISWA SMA/MA KELAS XI SEMESTER GENAP. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
abstrak Indo.docx

Download (16kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk (1) mengembangkan dan menghasilkan petunjuk praktikum kimia berbasis pendekatan kombinasi Chemoedutainment (CET) dan Pedagogical Chemistry Knowledge (PChK) untuk siswa SMA/MA kelas XI semester genap berdasarkan kriteria kualitas media yang telah ditentukan, (2) mengetahui kualitas media yang telah dikembangkan sesuai dengan aspek dan kriteria kualitas media yang ditentukan berdasarkan tinjauan oleh 5 orang guru kimia sebagai reviewer. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode prosedural. Prosedur pengembangan ini dilakukan melalui beberapa tahap yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan penilaian produk. Produk awal ditinjau oleh 2 orang dosen pembimbing, ahli media, ahli materi, dan 3 orang peer reviewer yang memberikan masukan dan saran untuk merevisi produk. Produk hasil revisi diuji kualitas dan diberi masukan oleh 5 orang guru kimia SMA/MA sebagai reviewer dengan menggunakan instrumen penilaian berupa angket. Instrumen penilaian terdiri dari 27 kriteria penilaian. Data yang diperoleh dari penilaian reviewer berupa data kualitatif yang selanjutnya ditabulasi dan dianalisis menjadi data kuantitatif untuk memperoleh tingkat kelayakan dan kualitas produk. Masukan dari reviewer digunakan untuk merevisi produk yang sudah dinilai sehingga diperoleh produk akhir media pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) telah dihasilkan petunjuk praktikum kimia berbasis pendekatan kombinasi Chemoedutainment (CET) dan Pedagogical Chemistry Knowledge (PChK) untuk siswa SMA/MA kelas XI semester genap berdasarkan kualitas media yang telah ditentukan (2) diperoleh kualitas media pembelajaran berdasarkan penilaian oleh 5 orang guru sebagai reviewer dengan tingkat kelayakan adalah 90,9%. Berdasarkan kriteria penilaian ideal, persentase tingkat kelayakan produk > 84% mempunyai kategori kualitas sangat baik, sehingga petunjuk praktikum kimia ini layak digunakan sebagai penunjang praktikum kimia SMA/MA kelas XI semester genap.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 04 May 2015 07:09
Last Modified: 29 Jan 2019 21:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18061

Actions (login required)

View Item View Item