PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA PADA POKOK BAHASAN VOLUMETRI SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI PESERTA DIDIK SMK/MAK

PERMANINGTYAS, SEPTIANTI (2012) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA PADA POKOK BAHASAN VOLUMETRI SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI PESERTA DIDIK SMK/MAK. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (15kB)

Abstract

Penelitianinimerupakanpenelitianpengembangandalambidangpendidikankimia.Tujuanpenelitianiniadalahmengembangkanmodul pembelajaran kimiauntukpesertadidik SMK/MAK pada pokok bahasan Volumetri yang memenuhiStandar Isi dankriteriasebagaisumberbelajarmandiridanmenentukankualitasmodulpembelajaran kimiainiditinjaudariaspekpendekatanpenulisan, kelayakankonsep, kebahasaan, anatomimodul, keterlaksanaan, dan evaluasi belajar. Model pengembangan yang digunakanadalah model prosedural, yaitu model yang bersifatdeskriptif, menggariskanlangkah-langkah yang harusdiikutiuntukmenghasilkanproduk.Prosedurpembuatahmodul terdiriatas5tahapyaitutahappenelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi awal, tahap perencanaan, tahappengembangan format awal, tahap uji coba awaldantahaprevisi produk dan analisis data kualitas produk. Produk hasil revisi dinilai dan diberi masukan olehreviewer, yaitu5 orang guru kimia SMK/MAK di wilayah propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (SMK N 2 Yogyakarta, SMK TamanSiswa Yogyakarta) dan di wilayah Muntilan (SMK N 1 Windusari, SMK Muhammadiyah 1 Salam, SMK Muhammadiyah Muntilan)dengan menggunakan instrumen penilaianmodulkimiaberupaangket yang terdiridari 6 aspekpenialaindan25indikatorpeniliaian. Hasil penilaian yang berupa skor kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas modulkimia. Masukan dari reviewer digunakan untuk merevisi produk yang sudah dinilai sehingga diperoleh produk akhir. HasilpenelitianpengembanganiniadalahmodulkimiauntukpesertadidikSMK/MAK.Modul yang dikembangkanmempunyaikualitasSangatBaik (SB) menurutpenilaian5 orang guru kimiaSMK/MAK, diperolehskorrata-rata 112,8. Skor rata-rata modulkimiainilebihbesardaripadaskoridealnya yang besarnyaadalah125. Persentase keidealan sebesar 90,24%, sehingga modulkimiainidapat digunakan sebagai sumber belajar mandiriuntuksiswa SMK/MAK.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 04 May 2015 06:55
Last Modified: 29 Jan 2019 21:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18056

Actions (login required)

View Item View Item