PENERAPAN MODEL INQUIRING MINDS WANT TO KNOW UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPS SISWA KELAS IX B DI SMP N 16 YOGYAKARTA

Endarwanto, Primajati (2013) PENERAPAN MODEL INQUIRING MINDS WANT TO KNOW UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPS SISWA KELAS IX B DI SMP N 16 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
Skripsi Full IPS 08416241040.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui model Inquiring Minds Want To Know di SMP N16 Yogyakarta. (2) Memperoleh bukti penerapan model Inquiring Minds Want To Know dapat meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini berlangsung 2 siklus. Sumber data dari penelitian ini adalah siswa kelas IX B SMP Negeri 16 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Keabsahan data hasil penelitian menggunakan triangulasi data, sedangkan analisis data hasil penelitian menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Pembelajaran menggunakan metode Inquiring Minds Want To Know mampu meningkatkan minat belajar siswa kelas IX B SMP Negeri 16 Yogyakarta, ini didukung dengan adanya peningkatan rasa senang dan kompetisi pada saat pembelajaran untuk memperoleh hasil diskusi yang maksimal. 2) Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan minat belajar siswa berdasarkan hasil pada angket pra tindakan sebesar 62,3% meningkat menjadi 66,08% pada siklus I, dan pada siklus II semakin meningkat menjadi 73,32% serta didukung dengan hasil pengamatan dari sklus I sebesar 54,3% ke siklus II sebesar 73,7% mengalami peningkatan sebesar 19, 4%. Dari hasil pengamatan dan angket diperoleh rata-rata minat belajar siswa pada siklus I sebesar 60,19% dan pada siklus II 73,51%. Hal ini berarti menunjukkan bahwa minat belajar siswa telah melampaui kriteria keberhasilan tindakan yang ditetapkan yaitu 70%. Dengan demikian, penerapan metode Inquiring Minds Want To Know dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas IX B SMP Negeri 16 Yogyakarta. Kata kunci : Metode Inquiring Minds Want To Know, Minat Belajar, Pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 04 May 2015 06:56
Last Modified: 29 Jan 2019 21:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18055

Actions (login required)

View Item View Item