UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN METODE TEKA-TEKI SILANG DI KELAS VIII C SMP NEGERI 2 PRAMBANAN

Suciyanto, Andi Dwi (2013) UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN METODE TEKA-TEKI SILANG DI KELAS VIII C SMP NEGERI 2 PRAMBANAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
Skripsi Full IPS 08416241016.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII C SMP Negeri 2 Prambanan dengan menerapkan metode pembelajaran Teka-Teki Silang untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Prambanan sebanyak 36 siswa. Penelitian ini berlangsung dalam 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Jenis data yang dikumpulkan adalah data obserservasi minat belajar dan data hasil belajar kelompok. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk keabsahan data digunakan triangulasi. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila rata-rata persentase indikator minat belajar siswa mencapai 75% dan apabila 75% jumlah siswa kelas VIII C memiliki nilai minimal 70 sesuai kurikulum SMP Negeri 2 Prambanan. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Penerapan metode pembelajaran Crossword Puzzle dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran IPS dikelas VIII C SMP Negeri 2 Prambanan. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata persentase indikator minat belajar siswa setiap siklusnya. Pada siklus I rata-rata persentase indikator minat belajar siswa adalah 62%. Pada siklus II menjadi 70% atau mengalami peningkatan sebesar 8%. Pada siklus III mengalami peningkatan sebesar 18% sehingga menjadi 88%. Hal ini berarti bahwa rata-rata persentase indikator minat belajar siswa telah melampaui kriteria keberhasilan tindakan yang ditetapkan yaitu 75%. 2) Penerapan metode pembelajaran Crossword Puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan persentase siswa yang mencapai nilai KKM pada siklus I sebesar 20% meningkat menjadi 60% pada siklus II. Selanjutnya masih mengalami peningkatan menjadi 80% pada siklus III. Hal ini berarti bahwa jumlah siswa yang mencapai nilai KKM (70) telah melampaui kriteria keberhasilan yang ditetapkan yaitu 75%. Kata Kunci: Crossword Puzzle, Minat Belajar Siswa, Pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 04 May 2015 06:48
Last Modified: 29 Jan 2019 21:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18052

Actions (login required)

View Item View Item