UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS MELALUI METODE ACTIVE LEARNING TIPE TRUE OR FALSE (BENAR ATAU SALAH) KELAS VII C DI SMP N 4 WONOSARI

Wulandari, Isti (2013) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS MELALUI METODE ACTIVE LEARNING TIPE TRUE OR FALSE (BENAR ATAU SALAH) KELAS VII C DI SMP N 4 WONOSARI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
Skripsi Full IPS 08416241013.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Aktivitas belajar siswa mata pelajaran IPS kelas VIIC B di SMP Negeri 4 Wonosari masih rendah. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya proses pembelajaran yang belum optimal. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya perbaikan dalam pembelajaran IPS salah satunya dengan penerapan pembelajaran metode active learning tipe true or false (benar atau salah). Penelitian ini bertujuan mengetahui metode active learning tipe true or false untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII C SMP Negeri 4 Wonosari. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), dengan model Kemmis & Taggart. Subjek penelitian yakni peserta didik kelas VII C SMP N 4 Wonosari sebanyak 32 peserta didik.Penelitian ini berlangsung dalam 3 siklus, dalam satu siklus terdapat satu kali pertemuan.Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi, wawancara dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis kualitatif, yang meliputi:reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi metode. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini apabila hasil observasi aktivitas peserta didik diakhir siklus berada dalam kategori tinggi (75% - 79%)atau sangat tinggi( >80%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode active learning tipe true or false (benar atau salah) dalam pembelajaran IPS mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas pembelajaran siswa di kelas yang diambil datanya. Pada siklus I persentase aktivitas siswa diperoleh sebesar 54,54%, yang menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada siklus ini berada dalam kategori rendah. Pada siklus II, terjadi peningkatan persentase aktivitas belajar menjadi 63,64%. Antara siklus I dan siklus II terjadi peningkatan sebesar 9,1%, meskipun aktivitas pada siklus II masih berada dalam kategori rendah. Maka dari itu, peneliti kembali melakukan refleksi, menemukan hambatan, dan mencari solusi untuk diterapkan pada siklus selanjutnya. Aktivitas siswa dari siklus II ke siklus III mengalami peningkatan sebesar 18,18%, dimana pada siklus II aktivitas belajar siswa sebesar 63,64 % dan pada siklus III menjadi 81,82 %. Aktivitas siswa pada siklus III sudah tergolong dalam kategori tinggi. Kata kunci: True or False, Aktivitas, Pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 04 May 2015 06:44
Last Modified: 04 May 2015 06:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18050

Actions (login required)

View Item View Item