KORELASI ANTARA MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA LAKILAKI DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMP N 1 JOGONALAN KLATEN

Fajar Ratiningrum, Fajar (2015) KORELASI ANTARA MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA LAKILAKI DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMP N 1 JOGONALAN KLATEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) korelasi antara minat belajar siswa laki-laki dalam pembelajaran seni tari terhadap hasil belajar siswa, (2) korelasi antara motivasi belajar siswa laki-laki dalam pembelajaran seni tari terhadap hasil belajar siswa, dan (3) korelasi antara minat belajar dan motivasi belajar siswa laki-laki dalam pembelajaran seni tari terhadap hasil belajar siswa di SMP N 1 Jogonalan Klaten. Jenis penelitian merupakan penelitian korelasional. Subjek penelitian adalah siswa laki-laki kelas VIII SMP N 1 Jogonalan Klaten sebanyak 91 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner, dan performance test. Uji validitas menggunakan rumus korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat korelasi signifikan antara minat belajar siswa laki-laki dalam pembelajaran seni tari terhadap hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dari nilai r hitung lebih besar dari r tabel (0,491>0,207) dan nilai signifikasi 0,000<0,05; (2) terdapat korelasi signifikan antara motivasi belajar siswa laki-laki dalam pembelajaran seni tari terhadap hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dari nilai rhitung lebih besar dari r tabel (0,546>0,207) dan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05; dan (3) terdapat korelasi signifikan antara minat belajar dan motivasi belajar siswa laki-laki secara bersama-sama dalam pembelajaran seni tari terhadap hasil belajar siswa di SMP N 1 Jogonalan Klaten. Hal ini ditunjukkan dari koefisien korelasi atau R sebesar 0,611>0,207, dan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: hubungan, minat, motivasi, siswa laki-laki, seni tari, hasil belajar
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 04 May 2015 06:11
Last Modified: 29 Jan 2019 21:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18045

Actions (login required)

View Item View Item