Dewi, Agustini Dyah Puspa (2013) PERSEPSI SISWA TERHADAP KETERAMPILAN PENGELOLAAN KELAS OLEH GURU GEOGRAFI KELAS X DI SMA KOTA KLATEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.
|
Text
Skripsi Full Geo 09405244033.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Persepsi siswa terhadap keterampilan pengelolaan oleh kelas guru geografi kelas X, (2) Hubungan latar belakang pendidikan dengan persepsi siswa terhadap keterampilan pengelolaan kelas oleh guru geografi kelas X; (3) Hubungan guru yang sudah memiliki sertifikat pendidik dan yang belum memiliki sertifikat pendidik dengan persepsi siswa tentang keterampilan pengelolaan kelas oleh guru geografi kelas X; (4) Hubungan lama mengajar guru dengan persepsi siswa tentang keterampilan pengelolaan kelas oleh guru geografi kelas X; dan (5) Hubungan keikutsertaan guru geografi dalam pelatihan-palatihan dengan persepsi siswa tentang keterampilan pengelolaan kelas oleh guru geografi kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah guru geografi kelas X dan siswa kelas X SMA Kota Klaten. Metode pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner dan dokumentasi. Metode angket/kuesioner digunakan untuk mengungkap persepsi siswa terhadap keterampilan pengelolaan kelas oleh guru geografi, metode dokumentasi untuk mengungkap data prestasi belajar mata pelajaran geografi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Persepsi siswa terhadap keterampilan pengelolaan kelas guru geografi kelas X di SMA Kota Klaten termasuk dalam kategori baik yaitu pada interval 45-67,5; (2) Terdapat hubungan yang signifikan antara latar belakang pendidikan guru dengan persepsi siswa tentang keterampilan pengelolaan kelas guru geografi dengan hasil chi-kuadrathitung > chikuadrattabel (20,251 > 12,592); (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara kepemilikan sertifikat pendidik (Sertifikasi) dengan persepsi siswa tentang keterampilan pengelolaan kelas guru geografi dengan hasil chi-kuadrathitung > chikuadrattabel (8,669 > 7,815); (4) Terdapat hubungan yang signifikan hubungan pengalaman guru mengajar terhadap persepsi siswa tentang keterampilan pengelolaan kelas guru geografi dengan hasil chi-kuadrathitung > chi-kuadrattabel (24,051>12,592); dan (5) Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara keikutsertaan guru geografi dalam pelatihan-palatihan dengan persepsi siswa tentang keterampilan pengelolaan kelas guru geografi dengan hasil chi-kuadrathitung < chi-squaretabel (8,248 < 12,592). Kata kunci : keterampilan pengelolaan kelas, sertifikat pendidik, pengalaman guru, guru geografi
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Umum > Penelitian Ilmu Sosial > Geografi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Admin Pendidikan Geografi FIS |
Date Deposited: | 04 May 2015 06:10 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 21:59 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18044 |
Actions (login required)
View Item |