PENGARUH INTERFERENSI ION MAGNESIUM(II) TERHADAP BIOSORPSI ION SENG(II) OLEH SEL RAGI Yarrowia lipolytica PADA VARIASI WAKTU KONTAK, pH MEDIA, DAN SUHU INKUBASI

KARTININGSIH, DINA (2012) PENGARUH INTERFERENSI ION MAGNESIUM(II) TERHADAP BIOSORPSI ION SENG(II) OLEH SEL RAGI Yarrowia lipolytica PADA VARIASI WAKTU KONTAK, pH MEDIA, DAN SUHU INKUBASI. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (45kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh waktu kontak, pH media, dan suhu inkubasi terhadap efisiensi biosorpsi ion Zn2+ dengan adanya interferensi ion Mg2+ oleh sel ragi Y. lipolytica. Subjek dari penelitian ini adalah ragi Y. lipolytica dan objek penelitian ini adalah kemampuan biosorpsi ragi Y. lipolytica terhadap ion Zn2+ dengan pengaruh interferensi ion Mg2+ pada variasi waktu kontak, pH media, dan suhu inkubasi. Proses biosorpsi dilakukan secara bertahap untuk mengetahui kondisi optimum proses biosorpsi. Tahapan dalam penelitian ini meliputi : (1) Pengamatan terhadap profil pertumbuhan ragi Y. lipolytica pada rentang waktu 0, 1, 4, 6, 8, 16, 24, dan 48 jam, (2) Pengamatan terhadap pertumbuhan ragi Y. lipolytica dengan variasi konsentrasi ion Zn2+ 0, 5, 10, 15, 20, dan 25 ppm, (3) Pengukuran terhadap pertumbuhan ragi Y. lipolytica dengan variasi waktu kontak 0, 2, 4, 6, 8, dan 10 jam, (4) Pengamatan terhadap pertumbuhan ragi Y. lipolytica dengan variasi pH media 3, 4, 5, 6, 7, dan 8 serta (5) Pengamatan terhadap pertumbuhan ragi Y. lipolytica dengan variasi suhu inkubasi 20, 25, 30, 35, dan 40oC. Pengukuran sisa ion logam di dalam media dilakukan dengan menggunakan Spektrofotometer Serapan Atom, sedangkan pengukuran pertumbuhan sel dilakukan dengan Spectronic 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa waktu kontak, pH media dan suhu inkubasi berpengaruh terhadap pertumbuhan ragi Y. lipolytica. Pada jam ke-6 ragi Y. lipolytica mencapi waktu kontak optimum, pada pH 5 ragi Y. lipolytica mencapai optimum, dan pada 25oC ragi Y. lipolytica mencapai suhu optimum. Penambahan ion Mg2+ berpengaruh terhadap efisiensi biosorpsi, yaitu pada variasi waktu kontak terjadi penurunan efisiensi biosorpsi sebesar 3,437%, pada variasi pH media terjadi penurunan efisiensi biosorpsi dari 10,7%, dan pada suhu inkubasi terjadi penurunan efisiensi biosorpsi dari 31,773%. Kata kunci : biosorpsi, ragi Y. lipolytica, ion Zn2+, ion Mg2+, waktu .kontak, pH media, dan suhu inkubasi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 04 May 2015 05:05
Last Modified: 29 Jan 2019 21:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18040

Actions (login required)

View Item View Item