EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE LEARNING STARTS WITH A QUESTION DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

PUJINURASIH, AJENG (2011) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE LEARNING STARTS WITH A QUESTION DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi Full Sos 07413241047.swf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Metode pembelajaran merupakan suatu cara yang dipergunakan guru dalam menyampaikan materi kepada siswa dengan maksud untuk mencapai tujuan belajar yang disepakati. Penelitian ini bertujuan untuk menggetahui perbedaan antara prestasi belajar sosiologi dengan metode learning starts with a question dibandingkan dengan prestasi belajar sosiologi dengan metode ceramah bervariasi serta dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Yogyakarta pada semester I tahun ajaran 2010/2011. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 288 siswa yang terdiri dari 9 kelas. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas atau 64 siswa yang berada pada kelas X5 dan X7. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre test-post test control group. Untuk mengukur validitas digunakan rumus Product Moment. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan dilanjutkan dengan chi kuadrat dan menggunakan uji-F. Sedangkan untuk uji hipotesis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar sosiologi yang menggunakan metode learning starts with a question dibandingkan dengan metode ceramah bervariasi. Prestasi siswa yang menggunakan metode learning starts with a question memiliki rata-rata 76.50 sedangkan kelas yang menggunakan metode ceramah bervariasi memiliki rata-rata 57.50. Dari penelitian yang dilakukan memperoleh hasil nilai thitung = 12.256 sedangkan ttabel dengan df = 62 signifikansi 5% adalah 2.00. Dengan membandingkan besarnya nilai ttabel, maka dapat diketahui thitung > ttabel yaitu 12.256 > 2.00. Hal ini menunjukkan bahwa pada taraf signifikasi 5%, hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis akhir (Ha) diterima. Dengan demikian menunjukkan penggunaan metode learning starts with a question dapat digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar khususnya pada mata pelajaran sosiologi bila dibandingkan dengan metode ceramah bervariasi. Kata Kunci : Efektivitas, metode learning starts with a question, prestasi belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 04 May 2015 04:47
Last Modified: 29 Jan 2019 21:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18033

Actions (login required)

View Item View Item