PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH UNTUK MATA PELAJARAN IPS SMP KELAS VIII

Nelawati, Ulya (2014) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH UNTUK MATA PELAJARAN IPS SMP KELAS VIII. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi Full IPS 10416244025.swf - Published Version

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) Mengetahui bagaimana mengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash untuk mata pelajaran IPS SMP kelas VIII; 2) Mengetahui kelayakan multimedia pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, guru IPS dan tanggapan siswa SMP kelas VIII. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau Research and Development (RnD) dan mengacu pada model pengembangan dari Sugiyono. Subjek penelitian adalah siswa SMP N 2 Bantul kelas VIII. Instrumen pengumpulan data berupa angket/lembar validasi untuk validator dan angket penilaian untuk tanggapan siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan data deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan 1) Cara mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash dapat dilakukan dengan tiga tahapan yaitu a) tahap perencanaan meliputi observasi, menentukan KI-KD, tujuan pembelajaran dan indikator pencapaian, menyusun materi dan evaluasi; b) pengembangan Produk Awal meliputi pembuatan multimedia interaktif dengan program Adobe Flash; c) tahap penilaian meliputi validasi ahli materi dan ahli media, guru ips, dan uji coba lapangan. 2) Multimedia pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash dinyatakan layak dengan hasil validasi sebagai berikut.; a) ahli materi sebesar 3,62 dengan kategori Baik; b) ahli media sebesar 4,45 dengan kategori Sangat Baik; c) guru IPS sebesar 4,6 dengan kategori Sangat Baik; d) tanggapan siswa sebesar 4,2 dengan kategori Sangat Baik; e) multimedia yang dikembangkan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa SMP N 2 Bantul kelas VIII F. Uji coba yang dilakukan menunjukkan kenaikan yaitu dari rata-rata 5,6 menjadi 7,75 dan menunjukkan peningkatakan hasil belajar sebanyak 21,5%. Kata Kunci: IPS, Multimedia, Adobe Flash

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 04 May 2015 03:41
Last Modified: 04 May 2015 03:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18024

Actions (login required)

View Item View Item