Penggunaan Teknik Co-op Co-op untuk Meningkatkan Tanggung Jawab dan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran IPS Kelas VIII B SMP Negeri 5 Banguntapan

Nurjannah, Utami (2014) Penggunaan Teknik Co-op Co-op untuk Meningkatkan Tanggung Jawab dan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran IPS Kelas VIII B SMP Negeri 5 Banguntapan. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi Full IPS 10416241006.swf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya tanggung jawab dan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui peningkatan tanggung jawab siswa kelas VIII B SMP Negeri 5 Banguntapan dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan teknik Co-op Co-op; dan (2) mengetahui peningkatan keaktifan siswa kelas VIII B SMP Negeri 5 Banguntapan dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan teknik Co-op Co-op. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 5 Banguntapan Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 27 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri daritahap kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, serta refleksi. Data hasil penelitian diperoleh dari observasi, wawancara, catatan lapangan, dan tes. Analisis data dilakukan secara kualitatif menggunakan analisis model interaktif Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji menggunakan teknik triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknik Co-op Co-op dapat meningkatkan tanggung jawab dan keaktifan siswa kelas VIII B SMP Negeri 5 Banguntapan dalam pembelajaran IPS. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan pada setiap indikator tanggung jawab dan keaktifan siswa yang diperoleh dari data hasil observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Hasil pada siklus I masih rendah, kemudian tindakan dilanjutkan siklus II. Pada siklus II ini, hasil tanggung jawab dan keaktifan siswa mengalami peningkatan. Peningkatan dari siklus I ke siklus II sudah memenuhi kriteria keberhasilan tindakan yaitu ≥ 75%, sehingga penelitian ini dikatakan berhasil. Kata Kunci: Co-op Co-op, Tanggung Jawab Siswa, Keaktifan Siswa, Pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 04 May 2015 03:38
Last Modified: 04 May 2015 03:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18023

Actions (login required)

View Item View Item