PENGARUH MEDIA SIMULATOR CNC 2 AXIS TERHADAP HASIL BELAJAR CNC DASAR PADA SISWA DI SMK ISLAM YOGYAKARTA

Sigit Apriantoro , Putro (2012) PENGARUH MEDIA SIMULATOR CNC 2 AXIS TERHADAP HASIL BELAJAR CNC DASAR PADA SISWA DI SMK ISLAM YOGYAKARTA. D3 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
EFFECT OF THE SIMULATOR CNC 2 AXIS MEDIA.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui perbedaan hasil belajar CNC Dasar pada siswa antara kelompok eksperimen yang menggunakan media Simulator CNC 2 Axis dan kelompok kontrol yang tidak menggunakan media pembelajaran di SMK Islam Yogyakarta, dan (2) mengetahui pengaruh penggunaan media Simulator CNC 2 Axis pada siswa terhadap hasil belajar CNC Dasar di SMK Islam Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest, non-equivalent control group design. Tempat penelitian dilakukan di SMK Islam Yogyakarta. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI Jurusan Teknik Pemesinan (XI TP) yang terdiri dari 2 (dua) kelas, kelas eksperimen (XI TPA) dan kelas kontrol (XI TPB). Perlakuan diberikan pada kelas eksperimen dengan memberikan pembelajaran dengan media Simulator CNC 2 Axis, sedangkan pada kelas kontrol pembelajaran dilakukan dengan metode konvensional. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen berupa tes program CNC 2 Axis yang diberikan sebelum pembelajaran/pretest dan sesudah/posttest. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif yang meliputi: modus, median, mean, varians, dan standar deviasi serta uji analisis hipotesis dengan korelasi Product Moment dan persamaan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa SMK Islam Yogyakarta pada pelajaran CNC Dasar setelah mendapatkan pembelajaran menggunakan media Simulator CNC 2 Axis nilai rata-ratanya 78,28 sedangkan yang diajarkan secara konvensional nilai rata-ratanya 74,78. Dari hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi Y’ = 16,24 – 0,61X serta dari pengujian hipotesis menggunakan korelasi Product Moment dengan taraf signifikansi 5%; rhitung > rtabel (0,64 > 0,468). Koefisien determinan (r2) sebesar 0,4096 ini memberikan pengaruh media Simulator CNC 2 Axis terhadap hasil belajar CNC Dasar sebesar 40,96% sisanya sebesar 59,04% dipengaruhi faktor lain, seperti: sarana dan prasarana, kondisi siswa, dan proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa pengaruh penggunaan media Simulator CNC 2 Axis dapat meningkatkan hasil belajar CNC Dasar pada siswa.

Item Type: Thesis (D3)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 06 Jul 2012 03:18
Last Modified: 29 Jan 2019 01:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1802

Actions (login required)

View Item View Item