PERJUANGAN KEBEBASAN MELAWAN REZIM OTORITER DALAM NOVEL ANAK SEMUA BANGSA KARYA PRAMOEDYA ANANTA TOER DAN NOVEL LEO THE AFRICAN KARYA AMIEN MAALOUF (SEBUAH STUDI PERBANDINGAN)

Lazuardi, Wahyu (2013) PERJUANGAN KEBEBASAN MELAWAN REZIM OTORITER DALAM NOVEL ANAK SEMUA BANGSA KARYA PRAMOEDYA ANANTA TOER DAN NOVEL LEO THE AFRICAN KARYA AMIEN MAALOUF (SEBUAH STUDI PERBANDINGAN). S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Wahyu Lazuardi 06210144006.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) wujud perjuangan dalam novel ASB dan LTA, (2) penyebab perjuangan dalan novel ASB dan LTA, (3) perbandingan wujud serta penyebab perjuangan dalam novel ASB dan LTA, (4) faktor-faktor yang mempengaruhi adanya kesamaan bentuk serta penyebab perjuangan dalam novel ASB dan LTA. Penelitian ini difokuskan pada telaah bandingan novel ASB dan LTA dengan menggunakan teori sastra bandingan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel ASB karya Pramoedya Ananta Toer yang diterbitkan oleh Lentera Dipantara dan LTA karya Amin Maalouf yang diterbitkan oleh Bentang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pengumpulan data sekunder yang dilanjutkan dengan teknik baca catat. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Keabsahan data dilakukan dengan cara Peer debriefing dengan menggunakan beberapa orang yang dianggap kompeten dalam bidang ini, termasuk diantaranya adalah dosen yang membimbing peneltian ini. Adapun hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, bentuk perjuangan dalam novel ASB dapat dibagi menjadi dua bentuk, fisik dan nonfisik. Begitu juga dalam novel LTA, bentuk perjuangan dalam novel ini adalah fisik dan nonfisik. Kedua, penyebab terjadinya perjuangan dalam novel ASB dapat dibagi menjadi dua, yaitu jangka panjang dan trigger. Begitu juga dengan novel LTA, penyebab perjuangan dalam novel ini juga disebabkan adanya jangka panjang dan trigger. Ketiga, dari hasil perbandingan kedua novel tersebut, ditemukan adanya kesamaan dalam bentuk perjuangan, diantaranya adalah konfrontasi fisik, penyebaran penyakit, aktifitas sosial, pemertahanan jabatan, pengasingan diri, memata-matai lawan, media tulis, interaksi langsung, negosiasi, dan pemberdayaan pengetahuan. Hasil perbandingan kedua novel tersebut juga memperlihatkan adanya kesamaan penyebab terjadinya perjuangan, yaitu penyebab jangka panjang dan trigger yang mengacu pada keotoriteran pemerintahan dalam memperlakukan rakyatnya. Keempat, faktor yang mempengaruhi munculnya kesamaan-kesamaan dalam novel ASB dan LTA adalah faktor analogi, yaitu adanya kesamaan faktor sosial, kesusastraan di kedua daerah tersebut, dan kondisi psikologi pengarang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: sastra bandingan, Anak Semua Bangsa, Leo The African, perjuangan, rezim otoriter
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Indonesia FBS
Date Deposited: 04 May 2015 03:22
Last Modified: 29 Jan 2019 21:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18016

Actions (login required)

View Item View Item