PERLAWANAN TERHADAP DOMINASI PATRIARKI DALAM NOVEL KEHORMATAN DI BALIK KERUDUNG KARYA MA’MUN AFFANY (ANALISIS KRITIK SASTRA FEMINIS)

Turyuliasih, Sahda (2013) PERLAWANAN TERHADAP DOMINASI PATRIARKI DALAM NOVEL KEHORMATAN DI BALIK KERUDUNG KARYA MA’MUN AFFANY (ANALISIS KRITIK SASTRA FEMINIS). S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Sahda Turyuliasih 07210144003.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dominasi patriarki yang dialami tokoh perempuan danwujud perlawanan yang dilakukan tokoh utama dalam novel Kehormatan di Balik Kerudung karya Ma’mun Affany. Sumber data penelitian ini adalah novel Kehormatan di Balik Kerudung karya Ma’mun Affany. Penelitian difokuskan pada bentuk dominasi patriarki dan wujud perlawanan dominasi patriarki. Data diperoleh dengan teknik membaca dan mencatat. Data dianalisis dengan deskriptif kualitatif. Keabsahan data diperoleh melalui validitas semantis dan reliabilitas intrarater dan interrater. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, bentuk dominasi patriarki yang dialami tokoh perempuan meliputi kawin paksa, kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), perceraian, dan poligami. Kedua, wujud perlawanan dominasi patriarki yang dilakukan tokoh perempuan, yaitu menolak kawin paksa, menolak poligami, menyendiri melawan kawin paksa, menyendiri berpoligami, pergi dari rumah KDRT dan Poligami, mencari pasangan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: perlawanan, dominasi patriarki, kritik sastra feminis
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Indonesia FBS
Date Deposited: 04 May 2015 02:47
Last Modified: 29 Jan 2019 21:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18008

Actions (login required)

View Item View Item