PENERAPAN BELAJAR KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III SD NEGERI KEPEK, PENGASIH, KULON PROGO TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Setiawan, Aris (2015) PENERAPAN BELAJAR KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III SD NEGERI KEPEK, PENGASIH, KULON PROGO TAHUN PELAJARAN 2014/2015. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
ARIS SETIAWAN_11108244011.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil penerapan belajar kelompok dalam meningkatkan minat dan prestasi belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III SD Negeri Kepek, Pengasih, Kulon Progo Tahun Pelajaran 2014/ 2015. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 33 siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Kepek dengan jumlah laki-laki 16 siswa dan perempuan 17 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Observasi digunakan untuk mengumpulkan data minat belajar. Tes digunakan untuk mengukur prestasi belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia. Uji validitas dan uji reliabilitas menggunakan expert judgment. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Proses pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus. Setiap siklus dilakukan sebanyak 2 kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan prestasi dan minat belajar siswa kelas III SD Negeri Kepek pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini terbukti dari rata-rata kelas nilai tes pra siklus sebesar 59,7, rata-rata kelas siklus I menjadi 74,49 dan rata-rata kelas siklus II menjadi 79,825. Sehingga dari pra siklus ke siklus II mengalami kenaikan sebesar 20,125. Sedangkan hasil dari minat belajar siswa pra siklus menunjukan rata-rata sebesar 47,73 % (kurang). Setelah dikenai tindakan kelas dengan penerapan belajar kelompok, rata-rata kelas minat belajar siswa siklus I menjadi 62,485 % (cukup), rata-rata kelas minat belajar siswa siklus II menjadi 73,33 % (baik). Sehingga dari pra siklus ke siklus II mengalami kenaikan minat belajar siswa sebesar 25,6 %. Kata kunci: penerapan belajar kelompok, minat belajar siswa, prestasi belajar Bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 05 May 2015 01:04
Last Modified: 29 Jan 2019 21:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17975

Actions (login required)

View Item View Item