IDENTIFIKASI SIKAP SOSIAL SISWA KELAS V SD

lestari, Nur Dwi (2015) IDENTIFIKASI SIKAP SOSIAL SISWA KELAS V SD. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Nur Dwi Lestari_11108241053.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap sosial yang ada pada diri siswa kelas V SD. Fokus penelitian adalah sikap sosial yang ada di kelas V. Penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian eksploratif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA SD Negeri Kotagede 1. Objek penelitian adalah sikap sosial siswa. Analisis data melalui reduksi data, display, dan kesimpulan. Uji keabsahan dengan membandingkan data dari berbagai teknik pengambilan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap sosial yang tampak dalam diri subyek yaitu; 1) sikap siswa menanggapi orang lain; a) berbicara sopan, b) tolong-menolong, c) cinta damai, 2) mementingkan tujuan-tujuan sosial daripada tujuan pribadi; a) melaksanakan tugas piket, b) menyisihkan uang saku untuk infak, 3) berperilaku sesuai tuntunan sosial; a) tidak terlambat masuk sekolah, b) masuk kelas ketika bel berbunyi, 4) diterima sebagai anggota kelompok sosial; a) tidak ada yang menjauhi, b) menerima setiap siswa sebagai anggota kelompok, 5) menyukai orang lain dan aktivitas sosial; a) senang mengerjakan tugas kelompok, b) menjenguk siswa atau guru yang sakit. Sedangkan yang kurang tampak adalah; 1) tidak membuat keributan di dalam kelas, 2) tepat waktu mengerjakan tugas, 3) menyukai seluruh siswa di dalam kelas. Adanya temuan bahwa sikap sosial siswa dipengaruhi oleh: 1) rasa hormat, 2) tanggung jawab, 3) komunikasi, dan 4) aturan. Kata kunci: sikap sosial, siswa kelas V

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 05 May 2015 01:04
Last Modified: 29 Jan 2019 21:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17972

Actions (login required)

View Item View Item