Vera, Sholeha (2015) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TAUHID DI TK KHALIFAH WIROBRAJAN. S1 thesis, PG PAUD.
|
Text
2. BAB I.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB II.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB III.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB IV.pdf Download (18MB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB V.pdf Download (19kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran tauhid merupakan dasar dari pendidikan karakter. Hal inilah yang melatarbelakangi peneliti untuk melakukan penelitian dengan tujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran tauhid di TK Khalifah Wirobrajan. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran tauhid di TK Khalifah Wirobrajan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data-data penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi serta dicoding menjadi CW (catatan wawancara), CL (catatan lapangan) dan CD (catatan dokumentasi). Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan menggunakan model analisis interaktif. Data-data hasil penelitian diuji kembali keabsahannya dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran tauhid di TK Khalifah Wirobrajan meliputi (1) perencanaan pembelajaran yaitu: mengembangkan kurikulum pembelajaran dengan mengganti aspek nilai agama dan moral menjadi aspek tauhid dan pembiasaan tauhid yang masing-masing mengandung indikator-indikator khusus; pembelajaran tauhid yang direncanakan mengandung 3 nilai tauhid yaitu beriman kepada rububiyah Allah, beriman kepada uluhiyah Allah serta beriman kepada asma’ dan sifat Allah. (2) pelaksanaan pembelajaran meliputi kegiatan pra pembelajaran, kegiatan awal, kegiatan inti, istirahat, kegiatan penutup dan kegiatan pasca pembelajaran; masing-masing kegiatan mengandung nilai tauhid yang telah direncanakan; (3) evaluasi pembelajaran yang dilakukan melalui daily report, middle report dan raport semester serta program tindak lanjut berupa home visit; (4) faktor pendukung meliputi lingkungan sekolah, pendidik yang berkompeten, media pembelajaran dan sarana prasarana sekolah, serta faktor penghambat yaitu belum menerapkan nilai beriman kepada wujud Allah, masalah waktu pelaksanaan pembelajaran dan kurangnya kesadaran orang tua dalam menerapkan pembelajaran tauhid pada anak. Kata kunci: pembelajaran AUD, pembelajaran tauhid
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini |
Depositing User: | Admin PGPAUD FIP |
Date Deposited: | 30 Apr 2015 10:29 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 21:56 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17968 |
Actions (login required)
View Item |