PENINGKATAN SIKAP TOLERANSI MELALUI KEGIATAN BERCERITA PADA ANAK KELOMPOK A TK KARYA RINI YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015

Bernadeta, Yunita K U (2015) PENINGKATAN SIKAP TOLERANSI MELALUI KEGIATAN BERCERITA PADA ANAK KELOMPOK A TK KARYA RINI YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap toleransi pada anak kelompok A TK Karya Rini Yogyakarta tahun ajaran 2014/2015 melalui kegiatan bercerita. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, subjek penelitian adalah anak Kelompok A TK Karya Rini. Kegiatan bercerita terutama cerita tentang pengalaman pribadi anak mampu memunculkan keragaman cerita dalam kelompok. Sikap toleransi yang dikembangkan adalah menghargai perbedaan dengan bersabar, mengembangkan sikap tenggang rasa dan menahan emosi ketika melihat adanya perbedaan melalui proses interaksi selama kegiatan bercerita. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dengan menggunakan teknik observasi sebagai alat pengumpulan data serta menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian adalah dengan melakukan kegiatan bercerita pengalaman pribadi anak secara klasikal pada siklus I. Dalam kegiatan ini guru lebih banyak memberikan arahan tentang bagaimana cara menghargai cerita teman yang berbeda. Hasil tindakan pada siklus I adalah sikap toleransi meningkat 25%. Penelitian siklus II guru membagi jumlah anak menjadi dua kelompok dan guru berperan sebagai mediator dan fasilitator . Interaksi dalam kelompok kecil lebih terbangun karena anak mendapatkan kebebasan bercerita sehingga sikap toleransi anak dalam kegiatan bercerita mengalami peningkatan secara signifikan. Peningkatan sikap toleransi sebesar 55.25% sehingga kemampuan anak pada kriteria baik dan sangat baik naik menjadi 80.25%. Kata kunci: sikap toleransi, kegiatan bercerita.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 30 Apr 2015 10:29
Last Modified: 07 Sep 2015 03:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17967

Actions (login required)

View Item View Item