PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI TAMAN ANAK SANGGAR ANAK ALAM (TA SALAM) YOGYAKARTA

Kurnia, Sari (2015) PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI TAMAN ANAK SANGGAR ANAK ALAM (TA SALAM) YOGYAKARTA. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB II.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB III.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan contextual teaching and learning di Taman Anak Sanggar Anak Alam Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Objek penelitian ini adalah proses pembelajaran dengan contextual teaching and learning pada Taman Anak Sanggar Anak Alam Yogyakarta. Sumber data dalam penelitian ini adalah anak, guru, kepala sekolah, dan orangtua. Data-data penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi serta dikodekan menjadi CL (catatan lapangan), CW (catatan wawancara), CD (catatan dokumentasi). Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif menggunakan model analisis interaktif. Data-data hasil penelitian diuji kembali keabsahannya dengan menggunakan ketekunan pengamatan, triangulasi, dan membercheck. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan contextual teaching and learning di Taman Anak Sanggar Anak Alam meliputi (1) perencanaan, karakteristik CTL yang muncul yaitu prinsip kesalingbergantungan dan pembelajaran terintegrasi, (2) pelaksanaan, (a) komponen CTL yang muncul adalah konstruktivisme, inkuiri, modelling, bertanya, masyarakat belajar, dan refleksi, (b) karakteristik CTL yang muncul antara lain menekankan adanya pemecahan masalah, pembelajaran terjadi dalam berbagai konteks, menggunakan berbagai sumber belajar anak aktif, dan mendorong anak untuk belajar dengan temannya (3) evaluasi dan pelaporan hasil evaluasi, (a) komponen CTL yang muncul adalah penilaian autentik, (b) karakteristik CTL yang muncul yaitu prinsip diferensiasi dan prinsip pengorganisasian diri, (4) faktor pendukung meliputi anak, orangtua, lingkungan, administrasi, dan kurikulum, (5) faktor penghambat yaitu dinamika anak yang berbeda. Kata kunci : contextual teaching and learning, CTL, TA SALAM

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 30 Apr 2015 10:29
Last Modified: 29 Jan 2019 21:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17966

Actions (login required)

View Item View Item