PERBEDAAN PENERAPAN METODE ACTIVE LEARNING TIPE QUIZ TEAM DAN METODE KONVENSIONAL TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER 2 DI SMA NEGERI 1 NGAGLIK TAHUN AJARAN 2010/2011

Setyowati, Eviliana Indah (2011) PERBEDAAN PENERAPAN METODE ACTIVE LEARNING TIPE QUIZ TEAM DAN METODE KONVENSIONAL TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER 2 DI SMA NEGERI 1 NGAGLIK TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
PERBEDAAN PENERAPAN METODE ACTIVE LEARNING TIPE QUIZ TEAM DAN METODE KONVENSIONAL TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER 2 DI SMA NEGERI 1 NGAGLIK.docx

Download (12kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : 1). Untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang positif dan signifikan antara prestasi belajar kimia peserta didik di SMA Negeri 1 Ngaglik. 2) Untuk mengetahui ada tidaknya motivasi belajar kimia peserta didik di SMA Negeri 1 Ngaglik yang menggunakan metode active learning tipe quiz team dengan peserta didik yang menggunakan metode konvensional, jika pengetahuan awal kimia peserta didik dikendalikan secara statistik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan satu faktor (prestasi belajar kimia), dua sampel (kelas eksperimen dan kelas kontrol), satu kovariabel (pengetahuan awal kimia peserta didik) dan dua variabel (motivasi dan prestasi belajar kimia). Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X semester 2 SMA Negeri 1 Ngaglik dan dibagi dalam 6 kelas yang berjumlah 180 peserta didik. Sampel penelitian ini sebanyak 69 peserta didik yang dibagi dalam dua kelas, yaitu kelas eksperimen (XF) dan kelas kontrol (XE) yang diambil secara purposive sampling. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data pengetahuan awal kimia, data motivasi belajar kimia, dan data prestasi belajar kimia peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data dianalisis dengan analisis kovarian (anakova), uji-t sama subjek dan uji-t antar subjek. Hasil analisis kovarian menunjukkan harga F0 = 21,065 dan p = 0,000, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode active learning tipe quiz team dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode konvensional, jika pengetahuan awal kimia dikendalikan secara statistik. Analisis dengan uji-t sama subjek diperoleh harga t0 = -2,602 dan p = 0,013, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan ada perbedaan signifikan antara motivasi belajar kimia peserta didik sebelum dan sesudah proses pembelajaran menggunakan pendekatan active learning tipe quiz team. Analisis dengan uji-t antar subjek diperoleh t0 = 0,417 dan p = 0,681, sehingga H0 diterima dan Ha ditolak. Hal ini berarti tidak ada perbedaan yang signifikan motivasi belajar kimia sesudah proses pembelajaran antara peserta didik kelas eksperimen dan kontrol. Dengan demikian, metode tipe quiz team efektif digunakan dalam meningkatkan prestasi dan motivasi belajar kimia peserta didik kelas X semester 2 di SMA Negeri 1 Ngaglik Tahun Ajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 30 Apr 2015 07:52
Last Modified: 29 Jan 2019 21:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17961

Actions (login required)

View Item View Item