KEGAGALAN SOSIALISASI PADA KELUARGA REMAJA PUTUS SEKOLAH (Studi Pada Keluarga Remaja Putus Sekolah di Dusun Kaliwaru, Condong Catur, Depok, Sleman, Yogyakarta )

Dewi, Norita Ika (2011) KEGAGALAN SOSIALISASI PADA KELUARGA REMAJA PUTUS SEKOLAH (Studi Pada Keluarga Remaja Putus Sekolah di Dusun Kaliwaru, Condong Catur, Depok, Sleman, Yogyakarta ). S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi Full Sos 07413241035.swf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Keluarga merupakan kelompok primer yang memiliki tanggung jawab besar dalam proses pendidikan anak. Kegagalan keluarga dalam menjalankan fungsi sosialisasi keluarga dapat menjadi salah satu penyebab remaja putus sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan gambaran kegagalan sosialisasi pada keluarga remaja putus sekolah di Dusun Kaliwaru, Condong Catur, Depok, Sleman, Yogyakarta; 2) mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan kegagalan sosialisasi pada keluarga remaja putus sekolah di Dusun Kaliwaru, Condong Catur, Depok, Sleman, Yogyakarta; 3) mendeskripsikan dampak kegagalan sosialisasi pada keluarga remaja putus sekolah dalam kehidupan masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini adalah remaja putus sekolah di Dusun Kaliwaru, orang tua remaja putus sekolah, tokoh masyarakat. Proses pengumpulan data dilakukan dengan observasi non partisipasi dan wawancara, pencatatan lapangan, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber data. Teknik dalam analisis data menggunakan teknik analisis interaktif Milles dan Huberman dengan 4 tahap yaitu; pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kegagalan sosialisasi pada keluarga remaja putus sekolah dapat ditelusuri dari adanya kegagalan dalam fungsi: penanaman nilai dan norma, keagamaan, pendidikan, melindungi, cinta kasih, pembinaan lingkungan; 2) faktor yang menyebabkan kegagalan sosialisasi pada keluarga remaja putus sekolah yaitu: Orang tua merupakan single parent, orang tua kurang memberikan Pendidikan Agama, orang tua memanjakan anak, dan pengaruh kesibukan orang tua; 3) dampak kegagalan sosialisasi pada keluarga remaja putus sekolah pada masyarakat adalah munculnya kenakalan remaja dan pengangguran. Kata kunci: Kegagalan, sosialisasi, remaja putus sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 30 Apr 2015 06:36
Last Modified: 29 Jan 2019 21:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17933

Actions (login required)

View Item View Item