INTERAKSI SOSIAL TOKOH UTAMA REMAJA DALAM TEENLIT NADA CINTA MARCELLA KARYA KEN TERATE (ANALISIS SOSIOLOGI KARYA SASTRA)

Arifatiana, Ella Tsalitsiani (2014) INTERAKSI SOSIAL TOKOH UTAMA REMAJA DALAM TEENLIT NADA CINTA MARCELLA KARYA KEN TERATE (ANALISIS SOSIOLOGI KARYA SASTRA). S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ella Tsalitsiani A 09210141003.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) bentuk interaksi sosial, (2) faktor yang memengaruhi bentuk interaksi sosial, (3) unsur-unsur fiksi yang menunjukkan interaksi sosial tokoh utama remaja dalam teenlit Nada Cinta Marcella karya Ken Terate. Objek penelitian ini adalah teenlit Nada Cinta Marcella karya Ken Terate. Penelitian difokuskan pada permasalahan yang berkaitan dengan interaksi sosial tokoh utama remaja beserta faktor pembentuknya yang dipahami dan dikaji berdasarkan perspektif sosiologi karya sastra. Data diperoleh dengan teknik pengumpulan data, yakni teknik baca catat. Kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif yang meliputi perbandingan data, kategorisasi, penyajian data, dan inferensi. Keabsahan data diperoleh melalui validitas (semantis) dan reliabilitas (interrater dan intrarater) untuk memperkuat hasil dan pemahaman mengenai fokus masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) bentuk interaksi sosial dalam teenlit Nada Cinta Marcella merepresentasikan interaksi remaja dengan teman dekatnya, sebagai orang yang lebih didengarkan dibanding keluarganya. (2) Faktor yang paling memengaruhi bentuk interaksi sosial adalah faktor imitasi, yaitu dengan meniru pola hidup dari majalah-majalah remaja. (3) Unsur-unsur fiksi yang terdapat dalam teenlit menunjukkan interaksi sosial pada remaja perkotaan dengan golongan sosial menengah ke atas.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: interaksi sosial, remaja, teenlit, sosiologi karya sastra
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Indonesia FBS
Date Deposited: 30 Apr 2015 06:33
Last Modified: 29 Jan 2019 21:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17932

Actions (login required)

View Item View Item