DAMPAK KEBIJAKAN SERTIFIKASI GURU TERHADAP PRODUKTIVITAS GURU PADA JENJANG PENDIDIKAN MENENGAH ATAS DALAM MEMBUAT KARYA TULIS ILMIAH DI KECAMATAN WONOSARI-GUNUNGKIDUL

Rini, Sari Istika (2011) DAMPAK KEBIJAKAN SERTIFIKASI GURU TERHADAP PRODUKTIVITAS GURU PADA JENJANG PENDIDIKAN MENENGAH ATAS DALAM MEMBUAT KARYA TULIS ILMIAH DI KECAMATAN WONOSARI-GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi Full Sos 07413241004.swf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak kebijakan sertifikasi guru terhadap produktivitas guru pada jenjang menengah atas dalam membuat karya tulis ilmiah di Kecamatan Wonosari, Gunungkidul. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan sosiologi . Jenis penelitian ini menggambarkan dampak kebijakan sertifikasi guru terhadap produktivitas guru pada jenjang pendidikan menengah atas dalam membuat karya tulis di kecamatan wonosari, Gunungkidul. Subyek penelitian ini adalah guru pada jenjang pendidikan menengah atas, diantaranya di SMA N 1 Wonosari, SMK N 2 Wonosari, SMA Muhammadiyah, SMK 45 Wonosari, dan MAN Wonosari Subyek pendukung adalah kepala sekolah dan pegawai litbang (pengembangan dan penelitian) di masing-masing sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengambilan informan dilakukan secara purposive yaitu berdasarkan tujuan yang ingin dicapai . Teknik memperoleh keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif dari Miles dan Huberman, yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan sertifikasi belum berdampak terhadap motivasi guru dalam membuat karya tulis ilmiah sehingga belum berpengaruh terhadap peningkatan produktivitas guru dalam membuat karya tulis ilmiah. Hambatan dalam membuat karya tulis ilmiah disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi (a) Kurangnya kemampuan guru untuk menulis (b) Faktor usia lanjut (c) kurangnya motivasi. Sedangkan faktor eksternal meliputi,(a) Keterbatasan waktu yakni 24 jam mengajar (b) Berorientasi pada program sekolah/ kebijakan khusus sekolah (c) Keterbatasan fasilitas, sarana, prasarana, dan dana yang mendukung Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara penelitian guru (d) Minimnya penghargaan, dan apresiasi pemerintah (e) Kurangnya sosialisasi dalam membuat karya tulis ilmiah (f) Persepsi yang dibangun untuk membuat karya tulis ilmiah terbatas pada proses kenaikan pangkat dari IV/a ke IV/b (g) Kurangnya pengetahuan guru terhadap korelasi antara portofolio dengan karya tulis ilmiah (h) Kekosongan pada salah satu komponen portofolio dapat diganti melalui PLPG. Kata kunci : Dampak, Sertifikasi Guru, Karya Tulis Ilmiah, Hambatan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 30 Apr 2015 06:32
Last Modified: 29 Jan 2019 21:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17931

Actions (login required)

View Item View Item