HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN GEOGRAFI SISWA SMA NEGERI 1 SENGAH TEMILA KABUPATEN LANDAK

., Jupriadi (2011) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN GEOGRAFI SISWA SMA NEGERI 1 SENGAH TEMILA KABUPATEN LANDAK. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi Full Geo 07405249008.swf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran geografi; 2) hubungan antara perhatian orang tua dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran geografi dan 3). mengetahui hubungan antara motivasi belajar dan perhatian orang tua dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran geografi SMA Negeri 1 Sengah Temila. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi peneltian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Sengah Temila sebanyak 351orang siswa sementara jumlah sampel penelitian ini sebanyak 100 orang siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah sampel proporsional (proportional sampling) dalam hal ini berarti setiap kelas (kelas X IPS, kelas XI IPS dan XII IPS) memiliki kesempatan dengan proporsi yang sama untuk diambil sampel dan sampel random sederhana (simple random sampling) berarti bahwa pengambilan sampel 5% dari jumlah siswa tiap kelas tersebut, dimana setiap siswa dalam kelas memiliki kesempatan yang sama untuk diambil sebagai sampel. Teknik pengumpulan data dengan kuisioner dan mencermati dokumen. Sebelum dilakukan analisis data terlebih dahulu diadakan pengujian prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji linieritas, dan uji multikolinieritas. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi linear sederhana dan korelasi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan pada siswa SMA Negeri 1 Sengah Temila bahwa: 1) Terdapat hubungan positif antara motivasi belajar dengan prestasi belajar geografi siswa, dibuktikan rX1Y = 0,367; t = 3,900 lebih besar dari t 0,05 (98) = 1,99 atau P-value = 0,000 < 0,05; artinya semakin tinggi motivasi siswa untuk belajar geografi, prestasi belajar geografinya juga akan meningkat; 2) Terdapat hubungan positif antara perhatian orang tua dengan prestasi belajar geografi, dibuktikan rX2Y = 0,400; t = 3,900 lebih besar dari t 0,05 (98) = 1,99 atau P-value = 0,000 < 0,05; artinya untuk meningkatkan prestasi belajar geografi perlu meningkatkan perhatian orang tua siswa. 3) Terdapat hubungan positif antara motivasi belajar dan perhatian orang tua dengan prestasi belajar geografi siswa SMA Negeri 1 Sengah Temila, dibuktikan RY(X1,X2) = 0,510; F = 3,900 lebih besar dari F 0,05 (98) = 1,99 atau P-value = 0,000 < 0,05; artinya motivasi belajar geografi siswa yang didukung perhatian orang tua yang semakin inten akan meningkatkan prestasi belajar geografi. Kata kunci: motivasi belajar, perhatian orang tua, prestasi belajar mata pelajaran geografi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Geografi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Geografi
Depositing User: Admin Pendidikan Geografi FIS
Date Deposited: 30 Apr 2015 06:19
Last Modified: 29 Jan 2019 21:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17928

Actions (login required)

View Item View Item