PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISON (STAD) UNTUK MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR IPS DI SMPN 2 PLERET BANTUL

Laksono, Gayuh Budi (2012) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISON (STAD) UNTUK MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR IPS DI SMPN 2 PLERET BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi Full Geo 07405241025.swf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan proses dan hasil belajar IPS siswa SMP Negeri 2 Pleret Bantul dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik Student Teams Achievement Division (STAD) dan mendapatkan bukti peningkatan proses dan hasil belajar IPS dengan model STAD. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas VII G SMP Negeri 2 Pleret Bantul tahun ajaran 2011/2012 sejumlah 28 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas 4 alur kegiatan, yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh melalui tes, pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif yang mencakup data proses dan analisis data prestasi. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran kooperatif teknik STAD dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa kelas VII G SMP Negeri 2 Pleret, Bantul. Peningkatan proses ditunjukkan dengan siswa menjadi aktif dan saling bekerjasama dalam kegiatan pembelajaran secara berkelompok, siswa mengikuti pelajaran dengan baik, pembelajaran berlangsung dengan menarik dan menyenangkan. Hasil proses didapat mendengarkan/memperhatikan 43,75% menjadi 68,75% pada siklus II, kerjasama 43,75% menjadi 68,75% pada siklus II, mengerjakan soal tes secara individu 6,25% menjadi 12,5% pada siklus II. Hasil belajar ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata siswa dari hasil sebelum implementasi dan setelah implementasi tindakan. Skor rata-rata seluruh aspek pada saat sebelum implementasi tindakan sebesar 57,23, skor siklus I sebesar 68,92, dan skor siklus II sebesar 85,6. Kata kunci: model pembelajaran kooperatif, teknik STAD, hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Geografi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Geografi
Depositing User: Admin Pendidikan Geografi FIS
Date Deposited: 30 Apr 2015 06:15
Last Modified: 29 Jan 2019 21:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17927

Actions (login required)

View Item View Item