IMBANGAN AIR BENDUNGAN PENGASIH UNTUK IRIGASI DI KECAMATAN KOKAP, PENGASIH, DAN WATES KABUPATEN KULONPROGO PROVINSI DAERAH ISTIMEWAYOGYAKARTA TAHUN 2009

Yeni, Fortuna (2010) IMBANGAN AIR BENDUNGAN PENGASIH UNTUK IRIGASI DI KECAMATAN KOKAP, PENGASIH, DAN WATES KABUPATEN KULONPROGO PROVINSI DAERAH ISTIMEWAYOGYAKARTA TAHUN 2009. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi Full Geo 06405249021.swf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. Potensi ketersedian air Bendung Pengasih untuk irigasi. 2. Kebutuhan air irigasi di Kecamatan Kokap, Pengasih, dan Wates, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta. 3. Imbangan antara kebutuhan air dengan potensi air Bendung Pengasih untuk irigasi di Kecamatan Kokap, Pengasih, dan Wates, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, karena mendeskripsikan imbangan antara kebutuhan air dengan potensi air Bendung Pengasih untuk irigasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh air yang ada di Bendung Pengasih dan lahan pertanian irigasi yang ada di Kecamatan Kokap, Pengasih, dan Wates, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta. Teknik pengumpulan dengan observasi, dokumentasi dan wawancara. sedangkan teknik analisis data untuk potensi ketersedian air dengan mengunakan data rata- rata debit Bendung Pengasih /15 harian dan data curah hujan /15 harian tahun 2004- 2008 di daerah penelitian. Kebutuhan air untuk seluruh lahan pertanian (PWR) mengunakan model perhitungan dari Israelsen, dan untuk Perhitungan atas imbangan air Bendung Pengasih dengan membandingkan antara kebutuhan air irigasi dan potensi ketersedian air Bendung Pengasih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa potensi ketersediaan air permukaan yang berasal dari curah hujan di Kecamatan Kokap, Pengasih, dan Wates sekitar 1701,4 mm/tahun. Besar debit air yang mampu disediakan Bendung Pengasih rata-rata sebesar 1720 liter/detik. Rata-rata kebutuhan air untuk seluruh lahan pertanian (PWR) di Kecamatan Kokap, Pengasih, dan Wates sebesar 511,57 liter/detik. Imbangan air yang terjadi menunjukkan adanya kelebihan air, rata-rata sebesar 1208,43 liter/detik, namun pada bulan-bulan tertentu Kekurangan air terjadi seperti pada bulan Agustus I kekurangan air sebesar 592,32 liter/detik, bulan Juli I kekurangan air sebesar 330,48 liter/detik, serta pada bulan Oktober I sebesar 329,92 liter/detik. Kata Kunci: Imbangan Air, Bendung Pengasih, Irigasi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Geografi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Geografi
Depositing User: Admin Pendidikan Geografi FIS
Date Deposited: 30 Apr 2015 06:11
Last Modified: 29 Jan 2019 21:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17926

Actions (login required)

View Item View Item