PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA “JENDELA SOSIOLOGI” UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI BELAJAR SOSIOLOGI SISWA KELAS X IIS 1 SMA NEGERI 1 JETIS TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Nafi’ah, Khoirun (2015) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA “JENDELA SOSIOLOGI” UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI BELAJAR SOSIOLOGI SISWA KELAS X IIS 1 SMA NEGERI 1 JETIS TAHUN PELAJARAN 2014/2015. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi Full 11413241045 Khoirun Nafi’ah.swf - Published Version

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya partisipasi belajar siswa dalam pembelajaran Sosiologi yang salah satunya disebabkan oleh kurangnya variasi metode dan media dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui penerapan metode Picture and Picture dengan menggunakan media “Jendela Sosiologi” untuk meningkatkan partisipasi belajar Sosiologi siswa kelas X IIS 1 di SMA Negeri 1 Jetis tahun pelajaran 2014/2015, dan (2) untuk mengetahui kendala-kendala yang muncul dari penerapan metode Picture and Picture dengan menggunakan media “Jendela Sosiologi” kelas X IIS 1 di SMA Negeri 1 Jetis tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian model Kemmis dan Taggart yang dilaksanakan sesuai dengan prosedur penelitian sebagai berikut: Perencanaan-Pelaksanaan-Pengamatan-Refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IIS 1 SMA Negeri 1 Jetis tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan penerapan metode Picture and Picture dengan menggunakan media “Jendela Sosiologi” dan tambahan perlakuan berupa penempelan nomor pada media dan kaleng arisan (kocokan) dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa dalam pembelajaran Sosiologi di kelas X IIS 1 SMA Negeri 1 Jetis tahun pelajaran 2014/2015. Peningkatan partisipasi dibuktikan dengan hasil observasi selama pelaksanaan tindakan. Rata-rata partisipasi belajar siswa pada siklus I adalah 51,7% dan rata-rata partisipasi belajar siswa pada siklus II 78,7% atau mengalami peningkatan 27%. Persentase partisipasi belajar siswa 78,7% pada siklus II sudah memenuhi kriteria keberhasilan yang sudah ditetapkan yaitu sebesar 76%. Kendala-kendala dalam pelaksanaan tindakan, antara lain: beberapa siswa kurang paham dengan gambar yang disediakan pada media “Jendela Sosiologi”, petunjuk penggunaan media “Jendela Sosiologi” yang kurang jelas, dan suasana kelas yang tidak kondusif. Kata kunci: Metode Picture and Picture, Media “Jendela Sosiologi”, Partisipasi belajar siswa, Kendala penerapan metode dan media

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Sosiolinguistik
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 30 Apr 2015 04:55
Last Modified: 29 Jan 2019 21:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17919

Actions (login required)

View Item View Item