PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH UNTUK SISWA KELAS XI SMAN 5 YOGYAKARTA

Atika Nur Fitriani, Atika (2013) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH UNTUK SISWA KELAS XI SMAN 5 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
ATIKA.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

vi PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH UNTUK SISWA KELAS XI SMAN 5 YOGYAKARTA Oleh : ATIKA NUR FITRIANI 09418244003 ABSTRAK Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan yang dilakukan pada kelas XI SMAN 5 Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran pada mata pelajaran Akuntansi sebagai media yang bermanfaat mata pelajaran Akuntansi, untuk mengetahui tahap-tahap pengembangan media, dan untuk mengetahui hasil validasi media pembelajaran berbasis macromedia flash yang dikemas dalam bentuk CD (compact disc) Interaktif, sesuai dengan hasil uji coba para ahli dan uji coba lapangan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Metode analisis data yang digunakan adalah dengan teknik deskriptif. Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan dengan angket yang selanjutnya dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif yaitu data hasil review dari uji coba ahli dan uji coba lapangan yang berupa masukan, tanggapan, kritik, dan saran, dan analisis deskriptif kuantitatif yaitu data hasil review dari uji coba ahli dan uji coba lapangan yang diperoleh melalui angket dalam bentuk deskriptif skala 5. Berdasarkan hasil penelitian diketahui terdapat beberapa tahapan yang harus dilaksanakan yaitu : making flowchart, making storyboard, developing the product, media validationby media expert dan material expert, main product revision, main field testing, operational product revision, operational field testing, final product revision and dissemination of product. Interaktif ini menunjukan bahwa media yang dikembangkan berada pada kualifikasi baik sesuai dengan hasil uji coba ahli isi mata pelajaran Akuntansi yaitu uji ahli media dinilai 3,7, uji ahli materi dinilai 4,1, uji coba kelompok kecil 3,92, dan uji coba lapangan 4,05 yang semuanya termasuk dalam kategori “baik”. Kata kunci : pengembangan, media, pembelajaran, macromedia flash, dan akuntansi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 30 Apr 2015 10:30
Last Modified: 29 Jan 2019 21:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17914

Actions (login required)

View Item View Item