Safitri Ade, Fitri (2013) ABSTRAK PERANAN PUBLIC RELATIONS DALAM ORGANISASI. D3 thesis, Fakultas Ekonomi.
|
Text
TA. ADE SAFITRI.pdf Download (647kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK PERANAN PUBLIC RELATIONS DALAM ORGANISASI Oleh : ADE SAFITRI 10411131013 Penulisan tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui : 1) peranan public relations di dalam organisasi, 2) etika public relations dalam manjalankan peranannya di dalam organisasi, 3) media-media yang digunakan public relations dalam mejalankan peranannya untuk melaksanakan kegiatan kehumasan di dalam organisasi. Dalam penulisan tugas akhir ini, metode yang digunakan dalam pemecahan masalah adalah metode deduktif yaitu cara menulis topik-topik pembahasan yang digambarkan secara umum kemudian ditarik kesimpulan suatu kesimpulan secara khusus. Sedangkan metode pengumpulan datanya dengan cara mengumpulkan dan mengkaji sumber-sumber pustaka sesuai dengan permasalahan yang dibahas, setelah itu menarik kesimpulan dari permasalahan yang telah dibahas. Hasil penulisan menunjukkan bahwa : 1) peranan public relations dalam organisasi antara lain : sebagai perantara organisasi dengan publik, menjalin hubungan baik antara organisasi dengan publik, menjalin kerja sama yang baik dengan publik untuk meningkatkan keuntungan organisasi, mengevaluasi sikap atau opini publik, mengidentifikasi kebijakan dan prosedur organisasi yang berkaitan dengan kepentingan publiknya, merencanakan dan melaksanakan penggiatan aktivitas public relations, membantu menetapkan serta memelihara garis-garis komunikasi, memberi peringatan dini pada manajer untuk mengantisipasi permasalahan, dan menjaga nama baik organisasi. 2) Etika public relations dalam organisasi antara lain : menjalin komunikasi yang baik bagi internal dan eksternal publik, menjaga etika keseharian dalam organisasi, menguasai teknik dan cara penanggulangan kasus-kasus sehingga dapat memberikan keputusan dan pertimbangan secara bijaksana, menyampaikan informasi-informasi penting kepada anggota dan kelompok yang berkepentingan, mengutamakan faktor kejujuran sebagai landasan utama, menghormati prinsip rasa hormat terhadap nilai-nilai manusia, mengenal batas-batas moralitas berdasarkan profesinya, dan menjaga kepercayaan yang telah diberikan. 3) Media yang digunakan oleh PR antara lain : media cetak, broadcasting, kegiatan- kegiatan khusus/special event, media diluar ruangan, pemberian sponsor, serta ciri khas dan identitas organisasi.
Item Type: | Thesis (D3) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Diploma 3 (D3) > D3 Sekretari |
Depositing User: | Admin Administrasi Perkantoran FE |
Date Deposited: | 30 Apr 2015 10:30 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 03:03 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17909 |
Actions (login required)
View Item |