PROSES PEMBERIAN KREDIT PENSIUN PADA PT. BANK BTPN PURNA BAKTI CABANG YOGYAKARTA

Lestanti Dwi, Dwi (2013) PROSES PEMBERIAN KREDIT PENSIUN PADA PT. BANK BTPN PURNA BAKTI CABANG YOGYAKARTA. D3 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
TUGAS AKHIR.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

PROSES PEMBERIAN KREDIT PENSIUN PADA PT. BANK BTPN PURNA BAKTI CABANG YOGYAKARTA Dwi Lestanti 10409134014 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh pensiunan saat akan mengajukan kredit pada PT. Bank BTPN Purna Bakti Cabang Yogyakarta, (2) mengetahui mekanisme proses pemberian kredit pada PT. Bank BTPN Cabang Yogyakarta, (3) mengetahui hambatan-hambatan yang dialami PT. Bank BTPN Purna Bakti Cabang Yogyakarta pada saat akan memberikan kredit kepada pensiunan, (4) mengatasi hambatan-hambatan dalam proses pemberian kredit pada PT Bank BTPN Purna Bakti Cabang Yogyakarta. Objek penelitian ini adalah bagian perkreditan khususnya mengenai proses proses pemberian kredit pensiun pada PT. Bank BTPN Purna Bakti Cabang Yogyakarta. Data dalam penelitian ini diambil dari wawancara dan dokumentasi. Jenis data yang diambil adalah data umum dan data khusus. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan mengevaluasi data proses pemberian kredit pada PT. Bank BTPN Purna Bakti Cabang Yogyakarta dan membandingkan hasil evaluasi dengan teori yang ada. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh debitur untuk mendapatkan pinjaman secara umum sama dengan persyaratan kredit pada umumnya tetapi ada beberapa persyaratan yang memiliki perbedaan yang tentunya disesuaikan dengan peraturan pada bank PT. BTPN Purna Bakti. (2) proses pemberian kredit pada PT. Bank BTPN Purna Bakti masih ada bagain yang kurang sesuai dengan teori. (3) hambatan-hambatan secara internal maupun eksternal. Hambatan-hambatan internal meliputi kualitas karyawan pada bagian marketing cukup rendah serta biaya kredit pensiun yang ditetapkan oleh bank terbilang cukup tinggi.Hambatan-hambatan eksternal meliputi, nasabah lalai atau tidak memenuhi syarat dan ketentuan yang ditentukan dalam perjanjian kredit dan juga nasabah sulit memahami informasi mengenai pelayanan kredit yang ditawarkan oleh PT. Bank BTPN Purna Bakti Cabang Yogyakarta.(4) cara mengatasi hambatan-hambatan internal yaitu, meningkatkan kualitas karyawan agar lebih kreatif pada saat penawaran pinjaman kepada calon debitur serta mengadakan evaluasi atas biaya yang diterapkan pada PT. Bank BTPN Cabang Yogyakarta agar tetap bisa bersaing dengan pasar. Hambatan-hambatan eksternal dapat diatasi dengan cara menyediakan brosur mengenai kredit, menempelkan persyaratan kredit di papan pengumuman yang disesuaikan berdasarkan ketentuan yang berlaku serta rutin mengadakan sosialisasi untuk membahas mengenai kredit pensiun yang dilakukan di Bank BTPN maupun berkunjung langsung ke rumah para nasabah.

Item Type: Thesis (D3)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Diploma 3 (D3) > D3 Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 30 Apr 2015 10:30
Last Modified: 29 Jan 2019 03:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17907

Actions (login required)

View Item View Item