PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA DIKLAT KEARSIPAN SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK N 1 JOGONALAN KLATEN TAHUN AJARAN 2012/2013

Rahmantya Bayu, Tya (2013) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA DIKLAT KEARSIPAN SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK N 1 JOGONALAN KLATEN TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Bayu Rahmantya.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA DIKLAT KEARSIPAN SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK N 1 JOGONALAN KLATEN TAHUN AJARAN 2012/2013 Oleh: Bayu Rahmantya NIM. 08402241037 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar Mata Diklat Kearsipan Siswa Kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK N 1 Jogonalan Klaten Tahun Ajaran 2012/2013, (2) pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa mata Diklat Kearsipan Kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK N 1 Jogonalan Klaten Tahun Ajaran 2012/2013, dan (3) pengaruh disiplin belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar Mata Diklat Kearsipan Siswa Kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK N 1 Jogonalan Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini adalah penelitian ex post facto dengan subyek penelitian Siswa Kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK N 1 Jogonalan Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 69 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Uji coba instrumen dilakukan SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara yang berjumlah 30 siswa. Uji validitas instrumen menggunakan teknik analisis Product Moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan koefisien Alpha. Uji hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Diklat Kearsipan Siswa Kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK N 1 Jogonalan Klaten Tahun Ajaran 2012/2013, yang ditunjukkan dengan nilai thitung sebesar 5,442 pada taraf signifikansi 5% (thitung> ttabel yaitu 5,442>1,995 dan koefisien korelasi sebesar 0,554, (2) Terdapat pengaruh positif Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Diklat Kearsipan Siswa Kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK N 1 Jogonalan Klaten Tahun Ajaran 2012/2013, yang ditunjukkan dengan nilai thitung sebesar 6,911 pada taraf signifikansi 5% (thitung> ttabel yaitu 6,911>1,995 dan koefisien korelasi sebesar 0,645, dan (3) Terdapat pengaruh positif antara Disiplin Belajar dan Lingkungan Belajar secara bersama- sama terhadap Prestasi Belajar Mata Diklat Kearsipan Siswa Kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK N 1 Jogonalan Klaten Tahun Ajaran 2012/2013, yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung sebesar 37,479 pada taraf signifikansi 5% (Fhitung> Ftabel yaitu 37,479>3,13 dan koefisien korelasi sebesar 0,729. Kata kunci: Disiplin Belajar, Lingkungan Belajar, Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Admin Administrasi Perkantoran FE
Date Deposited: 30 Apr 2015 10:30
Last Modified: 29 Jan 2019 21:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17906

Actions (login required)

View Item View Item