HUBUNGAN ANTARA KREATIVITAS MENGAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA DIKLAT MENGELOLA SISTEM KEARSIPAN DI SMK NEGERI 1 DEPOK SLEMAN

Fakhroja Akhmad, Akhmad (2013) HUBUNGAN ANTARA KREATIVITAS MENGAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA DIKLAT MENGELOLA SISTEM KEARSIPAN DI SMK NEGERI 1 DEPOK SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
Akhmad Fakhroja(05402244047).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

HUBUNGAN ANTARA KREATIVITAS MENGAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA DIKLAT MENGELOLA SISTEM KEARSIPAN DI SMK NEGERI 1 DEPOK SLEMAN Oleh : Akhmad Fakhroja NIM :05402244047 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hubungan Antara Kreativitas Mengajar dengan Prestasi Belajar Mata Diklat Mengelola Sistem Kearsipan di SMK N 1 Depok Sleman, 2) Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Mata Diklat Mengelola Sistem Kearsipan di SMK N 1 Depok Sleman, 3) Hubungan Antara Kreativitas Mengajar dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Mata Diklat Mengelola Sistem Kearsipan di SMK N 1 Depok Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK N 1 Depok Sleman. Populasi dalam penelitan ini sebanyak 92 siswa. Uji coba instrumen dilaksanakan kepada 30 siswa kelas SMK N 1 Tempel Yogyakarta. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket,dan dokumentasi. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis yang meliputi uji linieritas dan uji multikolinieritas. Pengujian hipotesis menggunakan korelasi product moment untuk menguji hubungan variabel secara parsial, sedangkan analisis korelasi berganda untuk menguji hubungan variabel secara bersama-sama. Dengan tingkat signifikansi hasil analisis ditentukan sebesar 5%. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa: 1) ada hubungan positif dan signifikan antara kreativitas mengajar dengan prestasi belajar mata diklat Mengelola Sistem Kearsipan di SMK Negeri 1 Depok Sleman yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi rx1y sebesar 0,677, 2) Ada hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar mata diklat Mengelola Sistem Kearsipan di SMK Negeri 1 Depok Sleman yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi rx2y sebesar 0,661, 3) Ada hubungan positif dan signifikan antara kreativitas mengajar dan motivasi belajar dengan prestasi belajar mata diklat Mengelola Sistem Kearsipan di SMK Negeri 1 Depok Sleman yang ditunjukkan dari nilai R hitung sebesar 0,750 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti kurang dari 0,05 (0,000<0,05) dengan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,562. Ini berarti 56,2% Prestasi Belajar Mata Diklat Mengelola Sistem Kearsipan dijelaskan oleh kreativitas mengajar sebesar 29,8% dan motivasi belajar sebesar 26,4%. Sedangkan 43,8% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak dianalisis dalam penelitian ini. Kata kunci: kreativitas mengajar, motivasi belajar, prestasi belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Admin Administrasi Perkantoran FE
Date Deposited: 30 Apr 2015 10:30
Last Modified: 29 Jan 2019 21:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17900

Actions (login required)

View Item View Item