PENGARUH JIWA KEPEMIMPINAN, KREATIVITAS SISWA DAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 PEDAN, KLATEN TAHUN AJARAN 2009/2010

Vivi Kurniawati, Vivi Kurniawati (2011) PENGARUH JIWA KEPEMIMPINAN, KREATIVITAS SISWA DAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 PEDAN, KLATEN TAHUN AJARAN 2009/2010. S1 thesis, uny.

[img] Text
PENGARUH_JIWA_KEPEMIMPINAN(1).docx

Download (13kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Jiwa Kepemimpinan terhadap Minat Bewrwirausaha, (2) Pengaruh Kreativitas Siswa terhadap Minat Berwirausaha, (3) Pengaruh Prestasi Belajar Akuntansi terhadap Minat Berwirausaha, (4) Pengaruh Jiwa Kepemimpinan, Kreativitas Siswa dan Prestasi Belajar Akuntansi secara bersama-sama terhadap Minat Berwirausaha. Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Pedan, Klaten Tahun Ajaran 2009/2010. Penelitian ini adalah penelitian ex post facto dan penelitian populasi karena seluruh siswa dijadikan subjek penelitian yaitu siswa kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Pedan, Klaten Tahun Ajaran 2009/2010 yang berjumlah 79. Pengumpulan data dengan metode kuesioner atau angket dan metode dokumentasi. Metode kuesioner atau angket untuk mengumpulkan data Minat Berwirausaha, Jiwa Kepemimpinan dan Kreativitas Siswa, sedangkan metode dokumentasi untuk mengetahui nilai Prestasi Belajar Akuntansi. Uji coba instrumen penelitian dilakukan terhadap 30 siswa di SMK Negeri 1 Klaten. Uji validitas instrumen dengan teknik analisis product moment, sedangkan uji reliabilitas dengan koefisien alpha. Analisis regresi satu prediktor digunakan untuk mengetahui hubungan antara variabel bebas secara sendiri-sendiri dengan variabel terikat, sedangkan untuk mengetahui hubungan antara ketiga variabel bebas secara bersama-sama dengan variabel terikat digunakan analisis regresi ganda 3 prediktor. Sebelum analisis data terlebih dahulu diadakan pengujian persyaratan analisis meliputi uji linearitas dan multikolinieritas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Jiwa Kepemimpinan terhadap Minat Berwirausaha, (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Kreativitas Siswa terhadap Minat Berwirausaha, (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Prestasi Belajar Akuntansi dengan Minat Berwirausaha. (4) Sedangkan secara simultan, Jiwa Kepemimpinan, Kreativitas Siswa dan Prestasi Belajar Akuntansi mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Minat Berwirausaha siswa kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Pedan, Klaten Tahun Ajaran 2009/2010 ditunjukkan dengan nilai Fhitung sebesar 18,585 (p=0.000< 0.05). Berdasarkan temuan penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa Jiwa Kepemimpinan, Kreativitas Siswa dan Prestasi Belajar Akuntansi mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Minat Berwirausaha. Oleh sebab itu disarankan agar pihak sekolah senantiasa mengembangkan Jiwa Kepemimpinan dan Kreativitas Siswa serta meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi agar Minat Berwirausaha siswa tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 20 Jun 2012 02:56
Last Modified: 29 Jan 2019 13:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/179

Actions (login required)

View Item View Item