EFEKTIVITAS KOMUNIKASI INSTRUKSIONAL DI SMK NEGERI 1 YOGYAKARTA

Hadi Rasyid Wicaksono, Rasyid (2013) EFEKTIVITAS KOMUNIKASI INSTRUKSIONAL DI SMK NEGERI 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
skripsi lengkap.rasyid.pdf

Download (39MB) | Preview

Abstract

EFEKTIVITAS KOMUNIKASI INSTRUKSIONAL DI SMK NEGERI 1 YOGYAKARTA Oleh: Rasyid Wicaksono Hadi NIM. 09402244036 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas komunikasi instruksional, mengetahui hambatan yang dihadapi dalam mewujudkan efektivitas komunikasi instruksional, dan mengetahui upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan yang dihadapi dalam mewujudkan efektivitas komunikasi instruksional di SMK Negeri 1 Yogyakarta. Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan penelitian ini adalah Wakil Kepala Sekolah urusan Kurikulum dan Ketua Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Yogyakarta sebagai informan kunci dan informan pendukung yang terdiri dari Wakaur Humas, Wakaur Sarpras serta beberapa informan lainnya seperti guru dan siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Adapun metode dalam mengumpulkan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Komunikasi instruksional di SMK Negeri 1 Yogyakarta telah dilaksanakan secara efektif diketahui dengan (a) perencanaan isi dan tujuan dalam menentukan strategi/metode disesuaikan dengan materi dalam kurikulum, (b) pelaksanaan komunikasi sudah berlangsung baik melibatkan beberapa unsur-unsur pembelajaran dan komponen komunikasi instruksional terlihat dari guru sebagai komunikator melakukan perencanaan, pelaksanaan dengan menggunakan media sesuai materi, dan (c) diakhiri dengan ulangan/umpan balik dari siswa sebagai komunikan untuk mencapai tujuan melalui terciptanya komunikasi secara efektif diketahui dari ketuntasan hasil evaluasi siswa mencapai batas KKM. Hambatan masih terdapat pada efektivitas komunikasi instruksional namun tujuan tetap dapat tercapai. Hambatan tersebut meliputi hambatan sumber dengan terbatasnya waktu yang dimiliki guru, hambatan pada saluran dengan terbatasnya jumlah media LCD yang dimiliki sekolah juga kurang maksimal dalam penggunaannya, dan hambatan komunikan berupa siswa sering merasa bosan dan kurang antusias karena tidak optimal dan aktif sebagai komunikan yang baik. Guru berupaya mengatasi hambatan dalam mewujudkan efektifitas komunikasi instruksional dengan memberikan motivasi dan inspirasi melalui pengalaman pribadi. Improvisasi dilakukan guru dalam keadaan tertentu untuk menciptakan kenyaman dan antusias siswa. Kata kunci: efektivitas, komunikasi instruksional.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Admin Administrasi Perkantoran FE
Date Deposited: 30 Apr 2015 10:30
Last Modified: 29 Jan 2019 21:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17845

Actions (login required)

View Item View Item