PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK PGRI PEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013

PURNOMO CAHYO EDI, EDI (2013) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK PGRI PEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK PGRI PEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013 Oleh: Cahyo Edi Purnomo (08403244038) ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK PGRI Pedan tahun ajaran 2012/2013, (2) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK PGRI Pedan tahun ajaran 2012/2013, (3) Pengaruh Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK PGRI Pedan tahun ajaran 2012/2013. Populasi penelitian ini berjumlah 61 siswa. Metode Kuesioner untuk mengumpulkan data Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru dan Motivasi Belajar dan Metode Tes Akuntansi untuk mengumpulkan data Prestasi Belajar Akuntansi. data yang dikumpulkan akan diuji validitas dan reliabilitas. Sebelum peneliti memulai analisis data, dilakukan uji prasyarat analisis meliputi uji linieritas dan uji multikolinieritas. Untuk menguji hipotesis pertama dan kedua menggunakan teknik analisis regresi sederhana, dan untuk hipotesis ketiga menggunakan teknik analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini antara lain (1) Terdapat pengaruh positif Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK PGRI Pedan tahun ajaran 2012/2013, dengan rx1y = 0,565; r2 x1y = 0,319; dan thitung (5,261) > ttabel (1,9994), (2) Terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK PGRI Pedan tahun ajaran 2012/2013, dengan rx2y = 0,514; r2 x2y = 0, 264; dan thitung (4,602) > ttabel (1,9994), (3) Terdapat pengaruh positif Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru dan Motivasi Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK PGRI Pedan tahun ajaran 2012/2013, dengan Ry(1,2) = 0,666; R2 y(1,2) = 0,443; dan Fhitung (23,086) > Ftabel (3,148). Penelitian ini menunjukkan besarnya sumbangan relatif dari variabel Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru 57%, Motivasi Belajar 43%, sedangkan sumbangan efektif variabel Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru 25,22%, variabel Motivasi Belajar 19,08%. Kata kunci : prestasi, persepsi, motivasi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 30 Apr 2015 10:30
Last Modified: 29 Jan 2019 21:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17841

Actions (login required)

View Item View Item