PENGARUH PERTUMBUHAN PERUSAHAAN, STABILITAS PENJUALAN, PROFITABILITAS, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP STRUKTUR MODAL PERUSAHAAN CONSUMER GOODS YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2009-2011

ABIDAH MAHJATI, MAHJATI (2013) PENGARUH PERTUMBUHAN PERUSAHAAN, STABILITAS PENJUALAN, PROFITABILITAS, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP STRUKTUR MODAL PERUSAHAAN CONSUMER GOODS YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2009-2011. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MAHJATI ABIDAH- NIM. 09412141026.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

PENGARUH PERTUMBUHAN PERUSAHAAN, STABILITAS PENJUALAN, PROFITABILITAS, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP STRUKTUR MODAL PERUSAHAAN CONSUMER GOODS YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2009-2011 Oleh : MAHJATI ABIDAH 09412141026 ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui: (1) Pengaruh pertumbuhan perusahaan terhadap struktur modal perusahaan Consumer Goods yang terdaftar di BEI periode 2009-2011. (2) Pengaruh stabilitas penjualan terhadap struktur modal perusahaan Consumer Goods yang terdaftar di BEI periode 2009-2011. (3) Pengaruh profitabilitas terhadap struktur modal perusahaan Consumer Goods yang terdaftar di BEI periode 2009-2011. (4) Pengaruh ukuran perusahaan terhadap struktur modal perusahaan Consumer Goods yang terdaftar di BEI periode 2009-2011. (5) Pengaruh pertumbuhan perusahaan, stabilitas penjualan, profitabilitas, dan ukurun perusahaan terhadap struktur modal perusahaan Consumer Goods yang terdaftar di BEI periode 2009-2011. Penelitian ini termasuk penelitian kausal komparatif dengan tipe penelitian ex post facto. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan pada sektor consumer goods yang terdaftar di BEI periode 2009-2011. Metode pengambilan sampel adalah purposive sampling, dengan jumlah sampel 12 perusahaan consumer goods selama periode 2009-2011. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pertumbuhan perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap struktur modal dibuktikan dengan koefisien beta (B) sebesar 0,408, thitung 2,742 > ttabel 2,0281, probabilitas signifikansi sebesar 0,001 < 0,05 (2) Stabilitas penjualan berpengaruh positif signifikan terhadap struktur modal dibuktikan dengan koefisien beta (B) sebesar 0,743, thitung sebesar 3,350 > ttabel 2,0281, dan nilai probabilitas signifikansi sebesar 0,002 < 0,05 (3) Profitabilitas berpengaruh negatif tetapi tidak signifikan terhadap struktur modal dibuktikan dengan koefisien beta (B) sebesar -0,211, thitung sebesar -0,995 < ttabel 2,0281, nilai probabilitas signifikansi sebesar 0,327 > 0,05 (4) Ukuran Perusahaan berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap struktur modal dibuktikan dengan nilai koefisien beta (B) 0,155, thitung sebesar 1,593 < ttabel 2,0281, dan nilai probabilitas signifikansi sebesar 0,120 > 0,05. (5) Pertumbuhan perusahaan, stabilitas penjualan, profitabilitas dan ukuran perusahaan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap struktur modal dibuktikan dengan nilai Fhitung sebesar 3,452 > Ftabel 2,69, nilai probabilitas signifikansi sebesar 0,019 < 0,05. Kata kunci : Pertumbuhan Perusahaan, Stabilitas Penjualan, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Struktur Modal

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 30 Apr 2015 10:30
Last Modified: 30 Apr 2015 10:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17833

Actions (login required)

View Item View Item