Ramadhani Reisha, Reisha (2013) PENGARUH SARANA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH KOMPUTER PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.
|
Text
REISHA RAMADHANI.pdf Download (11MB) | Preview |
Abstract
PENGARUH SARANA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH KOMPUTER PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA Oleh: Reisha Ramadhani NIM 08402244016 Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh sarana pembelajaran terhadap kemandirian belajar mahasiswa pada mata kuliah komputer program studi Pendidikan Administrasi Perkantoran FE UNY; 2) Pengaruh motivasi belajar terhadap kemandirian belajar pada mata kuliah komputer Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran FE UNY; 3) Pengaruh sarana pembelajaran dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap kemandirian belajar mahasiswa pada mata kuliah komputer program studi Pendidikan Administrasi Perkantoran FE UNY. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi Pendidikan Administrasi Perkantoran angkatan 2010 FE UNY dengan jumlah 82 mahasiswa. Uji coba instrumen dilaksanakan pada mahasiswa program studi Pendidikan Administrasi Perkantoran angkatan 2011 FE UNY dengan jumlah 30 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner dan wawancara. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas dan uji realibilitas. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas dan uji multikolinearitas. Kemudian untuk menguji hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana dan berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat: 1) pengaruh positif dan signifikan antara sarana pembelajaran terhadap kemandirian belajar mahasiswa pada mata kuliah komputer program studi Pendidikan Administrasi Perkantoran FE UNY, hal ini dibuktikan dari nilai t hitung lebih besar dari t tabel (2,83>1,658) dan nilai signifikansi sebesar 0,000, yang berarti kurang dari 0,05 (0,000<0,05); 2) Pengaruh motivasi belajar terhadap kemandirian belajar pada mata kuliah komputer program studi Pendidikan Administrasi Perkantoran FE UNY, hal ini dibuktikan dari nilai t hitung lebih besar dari t tabel (5,862 >1,658) dan nilai signifikansi sebesar 0,000, yang berarti kurang dari 0,05 (0,000<0,05); 3) Pengaruh sarana pembelajaran dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap kemandirian belajar mahasiswa pada mata kuliah komputer Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran FE UNY, hal ini dibuktikan dari nilai F hitung sebesar 22,729 lebih besar dari F tabel (22,729>3,12) dan nilai signifikansi sebesar 0,000, yang berarti kurang dari 0,05 (0,000<0,05). Besarnya koefisien determinasi (R 2) sebesar 0,349 atau 34,9%. Hasil ini mengindikasikan bahwa kemandirian belajar mahasiswa dapat di jelaskan oleh variabel sarana pembelajaran dan motivasi belajar sebesar 34,9%, sedangkan sisanya sebesar 65,1% di jelaskan oleh variabel yang tidak diteliti. Kata kunci : sarana pembelajaran, motivasi belajar, kemandirian belajar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi |
Depositing User: | Admin Administrasi Perkantoran FE |
Date Deposited: | 30 Apr 2015 10:30 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 21:51 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17832 |
Actions (login required)
View Item |