KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK N 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013

Ramadhani Yuanita Aprilia, Anita (2013) KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK N 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
skripsi.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK N 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013 Oleh: Yuanita Aprilia Ramadhani ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemandirian belajar siswa kelas X kompetensi keahlian administrasi perkantoran SMK N 1 Yogyakarta tahun ajaran 2012/2013. Untuk mengetahui kemandirian belajar siswa maka permasalahan dibatasi melalui sub variabel yaitu : 1) Perencanaan belajar siswa. 2) Inisiatif belajar siswa. 3) Kepercayaan diri dalam belajar siswa. 4) Kesungguhan dalam mendalami materi. 5) Usaha mengatasi kesulitan belajar. 6) Tanggung jawab belajar siswa. 7) Melakukan evaluasi sendiri dalam belajar. Desain penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan data dengan menggunakan angket dan teknik analisis data menggunakan tabulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemandirian belajar siswa seluruhnya termasuk baik, dengan hasil rata-rata 2,65. Kemandirian balajar siswa digambarkan dalam beberapa sub variabel sebagai berikut: 1) Hasil rata-rata perencanaan belajar siswa adalah 2,37 sehingga dikategorikan tidak baik. 2) Hasil rata-rata inisiatif dalam belajar siswa adalah 2,24 sehingga dikategorikan tidak baik. 3) Hasil rata-rata kepercayaan diri dalam belajar adalah 2,57, sehingga dikategorikan baik. 4) Hasil rata-rata kesungguhan dalam mendalami materi adalah 2,90 sehingga dikategorikan baik. 5) Hasil rata-rata usaha mengatasi kesulitan dalam belajar siswa adalah 2,71 sehingga dikategorikan baik. 6 ) Hasil rata-rata tanggung jawab belajar siswa adalah 2,88 sehingga dikategorikan baik. 7) Hasil rata-rata evaluasi sendiri dalam belajar siswa adalah 2,88 sehingga dikategorikan baik . Kata Kunci : Kemandirian Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Admin Administrasi Perkantoran FE
Date Deposited: 30 Apr 2015 10:30
Last Modified: 29 Jan 2019 21:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17828

Actions (login required)

View Item View Item