PENGEMBANGAN BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE) BERBASIS MULTIMEDIA SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA STANDAR KOMPETENSI MENGELOLA DATA INFORMASI DI TEMPAT KERJA UNTUK SMK KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 1 TEMPEL

Anam Saeful, Anam (2014) PENGEMBANGAN BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE) BERBASIS MULTIMEDIA SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA STANDAR KOMPETENSI MENGELOLA DATA INFORMASI DI TEMPAT KERJA UNTUK SMK KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 1 TEMPEL. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
FULL SKRIPSI.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan BSE berbasis multimedia sebagai sumber belajar untuk SMK Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran; (2) mengetahui kelayakan BSE berbasis multimedia sebagai sumber belajar untuk SMK Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran.Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development). Objek penelitian ini adalah BSE berbasis multimedia untuk Standar Kompetensi MDITK SMK Negeri 1 Tempel. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation)meliputi: (1) tahap analisis; (2) tahap desain; (3) tahap pengembangan; (4) tahap implementasi; dan (5) tahap evaluasi. Validasi ahli materi dilakukan oleh guru dan validasi ahli media dilakukan oleh dosen untuk mendapat masukan saran mengenai kelayakan produk dari segi materi maupun media. Sedangkan uji coba dilakukan dengan metode angket kepada siswa SMK Negeri 1 Tempel Kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran sejumlah 32 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif yang dikonversikan ke data kualitatif dengan skor rata-rata pada skala lima (skala Likert) terhadap skala penilaian yang telah ditentukan. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa: (1)pengembangan BSE berbasis multimedia ini berhasil dikembangkan melalui beberapa tahapan, yaitu :analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi; (2) hasil penilaian kelayakan BSE berbasis multimedia dari ahli materi mendapat skor rata-rata sebesar 4,83 dengan persentase 96,5 % (sangat layak). Hasil penilaian ahli media mendapat skor rata-rata sebesar 3,89 dengan persentase 77,5 % (layak).Hasil penilaian uji coba siswa mendapat skor rata-rata sebesar 4,37 dengan persentase 86,5 % (sangat layak). Dengan demikian, media pembelajaran BSE berbasis multimedia pada Standar Kompetensi MDITK yang telah dikembangkan dianggap layak untuk dijadikan sebagai media pembelajaran dan sumber belajar siswa. Kata kunci : (1) pengembangan; (2) Buku Sekolah Elektronik; (3) multimedia; (4) MDITK.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Admin Administrasi Perkantoran FE
Date Deposited: 30 Apr 2015 10:30
Last Modified: 29 Jan 2019 21:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17825

Actions (login required)

View Item View Item