EVALUASI TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DALAM PELAPORAN SURAT PEMBERITAHUAN TAHUNAN PAJAK PENGHASILAN TAHUN PAJAK 2010-2012 DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA YOGYAKARTA

HIDAYATI ENSIWI, SIWI (2013) EVALUASI TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DALAM PELAPORAN SURAT PEMBERITAHUAN TAHUNAN PAJAK PENGHASILAN TAHUN PAJAK 2010-2012 DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA YOGYAKARTA. D3 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
TUGAS AKHIR.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

EVALUASI TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DALAM PELAPORAN SURAT PEMBERITAHUAN TAHUNAN PAJAK PENGHASILAN TAHUN PAJAK 2010-2012 DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA YOGYAKARTA Oleh: Ensiwi Hidayati 10409131037 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Tingkat kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi dalam pelaporan SPT Tahunan PPh tahun pajak 2010- 2012 di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Yogyakarta, (2) Upaya yang dilakukan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Yogyakarta untuk meningkatkan kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi dalam pelaporan SPT Tahunan PPh. Penelitian ini dilaksanakan di KPP Pratama Yogyakarta yang terletak di Jalan Panembahan Senopati No. 20 Yogyakarta. Penelitian ini bersifat deskriptif dan menggunakan teknik pengumpulan data dengan teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Metode analisis deskriptif kuantitatif dengan cara membandingkan jumlah Wajib Pajak Orang Pribadi yang melaporkan SPT Tahunan PPh tepat waktu dengan jumlah Wajib Pajak Orang Pribadi terdaftar Wajib SPT Tahunan PPh, kemudian dikonsultasikan dengan Norma Absolut Skala Lima. Sedangkan deskriptif kualitatif yaitu suatu metode yang bersifat penjelasan dan keterangan pelengkap mengenai upaya peningkatan kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi dalam pelaporan SPT Tahunan PPh. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa: (1) Tingkat kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi dalam pelaporan SPT Tahunan Pajak Penghasilan di KPP Pratama Yogyakarta Tahun Pajak 2010 sampai dengan Tahun Pajak 2012 adalah 49,34%, 55,65%, dan 48,05% yang menunjukan bahwa terjadi fluktuatif, (2) Upaya yang dilakukan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Yogyakarta untuk meningkatkan kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi yaitu memberikan penyuluhan tentang perpajakan, memberikan dan meningkatkan kepercayaan kepada masyarakat (Wajib Pajak), dan mengatasi terbatasnya Sumber Daya Manusia di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Yogyakarta dengan beberapa cara. Kata kunci: kepatuhan, pelaporan, SPT

Item Type: Thesis (D3)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Diploma 3 (D3) > D3 Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 30 Apr 2015 10:30
Last Modified: 29 Jan 2019 03:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17821

Actions (login required)

View Item View Item