PENGELOLAAN ARSIP INAKTIF PADA SUBBIDANG DOKUMENTASI BIDANG TATA USAHA KEPEGAWAIAN DI BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH (BKD) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Munzilawati Tri, Tri (2014) PENGELOLAAN ARSIP INAKTIF PADA SUBBIDANG DOKUMENTASI BIDANG TATA USAHA KEPEGAWAIAN DI BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH (BKD) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Tri Munzilawati.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan arsip inaktif pada Subbidang Dokumentasi Bidang Tata Usaha Kepegawaian di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Daerah Istimewa Yogyakarta yang meliputi prosedur surat masuk dan surat keluar, sistem penyimpanan, fasilitas penyimpanan, petugas kearsipan, pemeliharaan arsip inaktif, pelayanan arsip inaktif, dan penyusutan arsip inaktif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan kunci pada penelitian adalah Kepala Subbidang Dokumentasi dan informan pendukung adalah Pegawai yang menangani kearsipan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik interaktif yang terdiri dari: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik keabsahan data yang digunakan dengan triangulasi data yaitu triangulasi sumber dan metode.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan arsip inaktif pada Subbidang Dokumentasi Bidang Tata Usaha Kepegawaian di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Daerah Istimewa Yogyakarta belum sepenuhnya dilaksanakan secara optimal, yaitu (1) Fasilitas kearsipan seperti ruangan penyimpanan arsip belum selesai dibangun, masih berada di basemen Kepatihan, tidak tersedia AC, alat pendeteksi api (Fire Alarm System), serta vacuum cleaner (2) Fasilitas kearsipan dari peralatan dan perlengkapan masih belum lengkap (3) Petugas kearsipan hanya berasal dari pegawai Subbidang Dokumentasi, tidak ada arsiparis, (4) Lingkungan kerja masih kurang rapi karena beberapa dokumen ada yang ditumpuk di meja pegawai, (5) Peminjaman arsip hanya dicatat di buku manual, belum menggunakan teknologi untuk mendata arsip inaktif yang disimpan, (6) Pemusnahan arsip belum dilakukan karena proses yang panjang serta tidak mengetahui tentang jadwal retensi arsip Kata kunci : Pengelolaan, Arsip, Arsip Inaktif

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Admin Administrasi Perkantoran FE
Date Deposited: 30 Apr 2015 10:30
Last Modified: 29 Jan 2019 21:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17815

Actions (login required)

View Item View Item